Logo Bacabuku
PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF POST-MODERNISME: Sebuah Kajian Awal

PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF POST-MODERNISME: Sebuah Kajian Awal

Elly M. Setiadi ; Alif Melky Ramdani
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Buku: Buku ini merupakan kumpulan hasil mini riset para mahasiswa Program Magister Pendidikan Sosiologi Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia. Buku ini hadir sebagai jawaban atas berbagai tantangan dan respons pendidikan di era milenial, yang kini semakin kompleks akibat pengaruh perkembangan teknologi dan media sosial. Buku ini berisi lima kajian awal yang menggali berbagai aspek pendidikan dari perspektif teori-teori sosiologi modern, seperti post-modernisme, modernitas cair, distingsi, dan simulacra. Pertama, kajian pertama membahas tentang konten eksplisit dan rendahnya persentase pengawasan orangtua dalam penggunaan media sosial oleh remaja. Kajian ini menggali hubungan antara penggunaan media sosial dan dampaknya terhadap interaksi sosial remaja. Kedua, kajian kedua fokus pada fenomena penggunaan media sosial terhadap interaksi sosial di kalangan remaja, dengan mengacu pada teori modernitas cair Zygmunt Bauman. Kajian ini mengeksplorasi bagaimana media sosial memengaruhi struktur sosial dan interaksi remaja dalam konteks post-modern. Ketiga, kajian ketiga menganalisis konsep distingsi Pierre Bourdieu terhadap mahasiswa pendatang di Kota Bandung. Kajian ini membahas bagaimana konsep distingsi digunakan untuk memahami perbedaan sosial dan kelas dalam konteks pendidikan tinggi. Keempat, kajian keempat membahas realitas simulacra di media sosial, khususnya dalam konteks akun Instagram pelajar SMA. Kajian ini menggali bagaimana dunia virtual menciptakan realitas yang berbeda dari dunia nyata, dan bagaimana hal ini memengaruhi identitas dan interaksi sosial pelajar. Kelima, kajian kelima menyajikan studi tentang fenomena simulacra dan dampaknya terhadap kehidupan sosial pelajar. Kajian ini menyoroti bagaimana media sosial menciptakan dunia yang tidak realistis dan bagaimana hal ini memengaruhi pola pikir dan perilaku remaja. Dengan menggabungkan teori-teori sosiologi modern dan studi empiris, buku ini berusaha membumikan teori-teori tersebut dalam konteks pendidikan dan kehidupan sosial masyarakat, sehingga dapat menjadi panduan dan solusi dalam menghadapi tantangan zaman. Buku ini diharapkan dapat menjadi perantara bagi pembaca untuk beribadah kepada-Nya, serta menjadi sarana untuk memperkaya pemahaman dan refleksi terhadap fenomena pendidikan dan sosial di era milenial.

Sinopsis ebook

Sejak Internet telah menjadi bagian dari kehidupan banyak aspek kehidupan mengalami pergeseran dan bahkan perubahan yang dinamis tak terkecuali di bidang pendidikan Oleh karena itu dunia pendidikan harus siap dan terus beradaptasi dengan perkembangan zaman Berbagai platform baru di internet seperti media sosial dan perangkat telekomunikasi berbasis digital telah banyak memengaruhi dunia pendidikan Buku ini merupakan hasil riset di program Magister Pendidikan Sosiologi Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia Kehadiran buku ini sebagai jawaban atas berbagai pertanyaan tentang bagaimana tantangan dan respons pendidikan di era milenial Buku ini juga mengajak para pembaca untuk mengkaji berbagai teori tidak hanya sebatas di ruang diskusi dalam kelas melainkan bagaimana membumikan teori untuk kepentingan pembelajaran di masyarakat sehingga teori menjadi implementatif dan solutif terhadap perkembangan zaman

Detail Buku

Jumlah Halaman 228
Kategori Pendidikan
Penerbit Kencana
Tahun Terbit 2021
ISBN 978-623-218-518-0
eISBN 978-623-218-519-7
PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF POST-MODERNISME: Sebuah Kajian Awal

PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF POST-MODERNISME: Sebuah Kajian Awal

Elly M. Setiadi ; Alif Melky Ramdani