Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang pentingnya pendidikan berkarakter dalam konteks pondok pesantren di tengah dinamika zaman modern. Pendidikan berkarakter dianggap sebagai pendidikan yang bersifat *long life education*, yang bertujuan untuk membentuk pribadi yang komprehensif dalam ber-islam, agar para santri mampu menjadi agen perubahan yang positif bagi bangsa dan agamanya. Dalam buku ini, penulis menjelaskan bahwa pendidikan berkarakter tidak hanya terbatas pada transfer ilmu di kelas, tetapi juga melalui berbagai komponen pendukung, seperti kegiatan ekstra kurikuler, pembentukan nilai akhlakul kharimah melalui tauladan para ustadz/ustadzah, serta pembiasaan menjaga ibadah wajib dan sunat. Selain itu, buku ini juga menekankan bahwa santri pondok pesantren tidak hanya diberikan pendidikan agama, tetapi juga ilmu umum, teknologi informasi, dan ilmu-ilmu kontemporer yang relevan dengan perkembangan zaman. Dengan demikian, pondok pesantren dianggap sebagai lembaga pendidikan yang mampu menghasilkan generasi muda yang unggul secara jasmani, ruhani, dan pola pikir. Buku ini merupakan upaya untuk memperkuat peran pondok pesantren dalam membentuk karakter yang baik, sekaligus memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan masyarakat dan bangsa.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang pentingnya pendidikan berkarakter dalam konteks pondok pesantren di tengah dinamika zaman modern. Pendidikan berkarakter dianggap sebagai pendidikan yang bersifat *long life education*, yang bertujuan untuk membentuk pribadi yang komprehensif dalam ber-islam, agar para santri mampu menjadi agen perubahan yang positif bagi bangsa dan agamanya. Dalam buku ini, penulis menjelaskan bahwa pendidikan berkarakter tidak hanya terbatas pada transfer ilmu di kelas, tetapi juga melalui berbagai komponen pendukung, seperti kegiatan ekstra kurikuler, pembentukan nilai akhlakul kharimah melalui tauladan para ustadz/ustadzah, serta pembiasaan menjaga ibadah wajib dan sunat. Selain itu, buku ini juga menekankan bahwa santri pondok pesantren tidak hanya diberikan pendidikan agama, tetapi juga ilmu umum, teknologi informasi, dan ilmu-ilmu kontemporer yang relevan dengan perkembangan zaman. Dengan demikian, pondok pesantren dianggap sebagai lembaga pendidikan yang mampu menghasilkan generasi muda yang unggul secara jasmani, ruhani, dan pola pikir. Buku ini merupakan upaya untuk memperkuat peran pondok pesantren dalam membentuk karakter yang baik, sekaligus memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan masyarakat dan bangsa.
Jumlah Halaman | 88 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | PT. Mediaguru Digital Indonesia |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-602-497-908-9 |
eISBN |