Anak tunagrahita adalah individu yang secara sidan mem inder dibawah intelegensi normal dengan skor i sama atau lebih rendah dari 70 Intelegenai yang di bawah rata rata anak normal jelas ini akan menghambat segala aktifitasnya kehidupannya sehari hari dalam bersosialisasi komunikasi dan yang lebih menonjol adalah ketidakmampuannya dalam menerima pelajaran yang bersifat akademik sebagaimana anak anak sebanyak atau anak anak pada umumnya Kemampuan anak tunagrahita berbeda satu dengan yang lainnya tergantung tingkat intelegensinya dan inilah yang menjadi masalah dalam pelayanan pembelajarannya sebab mengakibatkan kebutuhan anak tunagrahita juga menjadi heterogen Artinya pelayanan pendidikan pada setiap individu anak tunagrahita akan berbeda baik kedalaman maten yang dibutuhkan maupun metode dalam penyajiannya Buku Pendidikan bagi Anak Tunagrahita disusun dalam upaya memberikan pemahaman bag guru pendidikan luar biasa khusufnya dan masyarakat pada umumnya dalam memahami pelayanan pendidikan bagi anak tunagrahita bahwa tidak sama dengan pelayanan pendidikan pada sekolah umum kejuruan Buku ini juga disusun sebagai alternatif dalam memberikan teknik pembelajaran anak tunagrahita secara benar dan bermaknaAnak tunagrahita adalah individu yang secara sidan mem inder dibawah intelegensi normal dengan skor i sama atau lebih rendah dari 70 Intelegenai yang di bawah rata rata anak normal jelas ini akan menghambat segala aktifitasnya kehidupannya sehari hari dalam bersosialisasi komunikasi dan yang lebih menonjol adalah ketidakmampuannya dalam menerima pelajaran yang ...bersifat akademik sebagaimana anak anak sebanyak atau anak anak pada umumnya Kemampuan anak tunagrahita berbeda satu dengan yang lainnya tergantung tingkat intelegensinya dan inilah yang menjadi masalah dalam pelayanan pembelajarannya sebab mengakibatkan kebutuhan anak tunagrahita juga menjadi heterogen Artinya pelayanan pendidikan pada setiap individu anak tunagrahita akan berbeda baik kedalaman maten yang dibutuhkan maupun metode dalam penyajiannya Buku Pendidikan bagi Anak Tunagrahita disusun dalam upaya memberikan pemahaman bag guru pendidikan luar biasa khusufnya dan masyarakat pada umumnya dalam memahami pelayanan pendidikan bagi anak tunagrahita bahwa tidak sama dengan pelayanan pendidikan pada sekolah umum kejuruan Buku ini juga disusun sebagai alternatif dalam memberikan teknik pembelajaran anak tunagrahita secara benar dan bermakna