Sinopsis Buku: Buku ini memberikan panduan praktis dan sederhana bagi guru, orangtua, dan semua pihak terkait dalam mengenali, mengidentifikasi, dan mengelola kesulitan belajar anak berkebutuhan khusus di lingkungan pendidikan inklusif. Buku ini membahas berbagai aspek penting terkait anak berkesulitan belajar spesifik, seperti kesulitan dalam belajar bahasa, membaca, menulis, dan berhitung/matematika. Penulis menjelaskan cara melakukan asesmen yang tepat dan bermanfaat untuk memahami masalah belajar anak serta merancang strategi pembelajaran yang inklusif dan ramah bagi semua anak. Buku ini juga menyoroti peran penting guru, sekolah, dan keluarga dalam mendukung anak berkesulitan belajar agar tidak termarginalkan dan dapat berkembang secara optimal dalam lingkungan pendidikan yang inklusif. Buku ini sangat bermanfaat bagi para pendidik, orangtua, dan pihak terkait dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus.
Selama ini terkadang para pendidik sering keliru menyikapi potensi dan perilaku anak berkesulitan belajar Guru sering menganggap anak berkesulitan belajar sebagai anak yang nakal malas bodoh dan suka mengganggu Padahal perilaku itu muncul sebagai dampak dari hambatan yang dimilikinya sehingga akibat itu potensi yang dimilikinya tertutup oleh dampak negatif dari hambatannya Tidak sedikit yang mengasumsikan anak berkesulitan belajar sebagai bagian dari pendidikan luar biasa atau pendidikan khusus sehingga dibutuhkan pendidikan secara khusus walaupun masih banyak yang menganggap sebagai suatu hal yang biasa dan tidak memerlukan pendidikan secara khusus Buku ini memaparkan secara jelas dalam membantu anak berkesulitan belajar bahasa membaca menulis dan matematika di sekolah umum yang menyelenggarakan pendidikan inklusif
Jumlah Halaman | 180 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Luxima Metro Media |
Tahun Terbit | 2013 |
ISBN | 978-602-763-594-4 |
eISBN | 978-602-268-392-6 |