Sinopsis Buku: Buku ini memberikan panduan dan penjelasan mendalam tentang pendidikan anak berkebutuhan khusus tunanetra dari perspektif pendidikan dan layanan. Buku ini dirancang untuk membantu para pendidik, guru, orang tua, serta pihak terkait dalam memahami tantangan yang dihadapi anak tunanetra dalam proses belajar-mengajar. Dalam buku ini, dijelaskan mengenai definisi dan klasifikasi anak tunanetra, termasuk perbedaan antara anak yang buta dan anak dengan low vision. Penulis juga menjelaskan cara menentukan tingkat ketajaman penglihatan anak melalui tes Snellen Card, serta pentingnya modifikasi dalam pembelajaran untuk memastikan anak tunanetra dapat berkembang secara optimal. Selain itu, buku ini menyajikan berbagai kegiatan dan keterampilan yang dapat dikembangkan anak tunanetra, seperti merawat diri, merawat pakaian, menggunakan perkakas rumah tangga, serta melakukan kegiatan dapur. Di bagian terpisah, buku juga membahas tentang membaca dan menulis anak tunanetra, yang merupakan aspek penting dalam pembelajaran mereka. Buku ini merupakan sumber referensi yang relevan dan praktis untuk mendukung pendidikan inklusif bagi anak tunanetra, serta memberikan wawasan yang mendalam tentang bagaimana memberikan layanan pendidikan yang tepat dan efektif kepada mereka.
Buku ini merupakan panduan bagi guru orang tua dan masyarakat yang ingin mengenal lebih jauh tentang anak berkebutuhan khusus dengan hambatan penglihatan atau tunanetra Memberikan penjelasan tentang kebutuhan kebutuhan yang diperlukan dan layanan pendidikan yang perlu diberikan kepadanya agar label tunanetra yang selama ini melekat sebagai orang yang perlu dikasihani dan dibantu perlahan hilang Dalam buku ini juga diuraikan secara umum tentang batasan batasan ketunanetraan sehingga para pembaca dapat mengidentifikasi secara sederhana apakah seseorang dikatakan sebagai tunanetra atau tidak juga tentang bagaimana memaksimalkan indra indra yang masih berfungsi pada seorang tunanetra Penulis memperkenalkan kepada para pembaca tentang tulisan Braille yang selama ini dipakai oleh para tunanetra sebagai media baca tulisnya alat alat yang dipakai dalam membaca dan menulis Braille serta format tulisan Braille
Jumlah Halaman | 144 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Luxima Metro Media |
Tahun Terbit | 2013 |
ISBN | 978-602-763595-1 |
eISBN | 978-602-268-421-3 |