Sinopsis: Buku ini adalah hasil kolaborasi antara para guru dan tim Akademi Antikorupsi ICW, yang menggagas pendekatan antikorupsi berbasis pedagogi kritis. Buku ini terdiri dari tiga bagian, dengan bagian pertama berisi dokumentasi eksperimen pembelajaran antikorupsi yang dilakukan oleh para guru di berbagai sekolah di pulau Jawa. Eksperimen ini merupakan upaya untuk mencari pendekatan yang efektif dalam membangun kesadaran dan semangat antikorupsi di kalangan siswa. Dalam konteks pendidikan, buku ini menekankan bahwa pencegahan korupsi lebih penting daripada penegakan hukum dalam jangka panjang. Pendidikan, baik formal, nonformal, maupun informal, menjadi salah satu instrumen utama dalam membentuk nilai-nilai sosial, norma, dan cara pandang masyarakat terhadap korupsi. Buku ini juga menyoroti peran pendidikan dalam menciptakan kebiasaan dan tindakan yang anti korupsi. Dengan pendekatan pedagogi kritis, buku ini menawarkan pelatihan kepada para guru dalam aspek ideologis, perspektif kritis, dan kemampuan teknis penulisan dalam konteks pendidikan antikorupsi. Buku ini merupakan bentuk penghargaan untuk para guru yang telah berupaya keras dalam pendidikan antikorupsi, meskipun tidak dimandatkan dalam kurikulum resmi. Buku ini juga menjadi referensi bagi para pendidik yang ingin berkontribusi dalam membangun peradaban yang lebih baik melalui pendidikan antikorupsi.
Sinopsis: Buku ini adalah hasil kolaborasi antara para guru dan tim Akademi Antikorupsi ICW, yang menggagas pendekatan antikorupsi berbasis pedagogi kritis. Buku ini terdiri dari tiga bagian, dengan bagian pertama berisi dokumentasi eksperimen pembelajaran antikorupsi yang dilakukan oleh para guru di berbagai sekolah di pulau Jawa. Eksperimen ini merupakan upaya untuk mencari pendekatan yang efektif dalam membangun kesadaran dan semangat antikorupsi di kalangan siswa. Dalam konteks pendidikan, buku ini menekankan bahwa pencegahan korupsi lebih penting daripada penegakan hukum dalam jangka panjang. Pendidikan, baik formal, nonformal, maupun informal, menjadi salah satu instrumen utama dalam membentuk nilai-nilai sosial, norma, dan cara pandang masyarakat terhadap korupsi. Buku ini juga menyoroti peran pendidikan dalam menciptakan kebiasaan dan tindakan yang anti korupsi. Dengan pendekatan pedagogi kritis, buku ini menawarkan pelatihan kepada para guru dalam aspek ideologis, perspektif kritis, dan kemampuan teknis penulisan dalam konteks pendidikan antikorupsi. Buku ini merupakan bentuk penghargaan untuk para guru yang telah berupaya keras dalam pendidikan antikorupsi, meskipun tidak dimandatkan dalam kurikulum resmi. Buku ini juga menjadi referensi bagi para pendidik yang ingin berkontribusi dalam membangun peradaban yang lebih baik melalui pendidikan antikorupsi.
Jumlah Halaman | 264 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Intrans Publishing |
Tahun Terbit | 2019 |
ISBN | 978-602-6293-70-1 |
eISBN |