Sinopsis Buku: Buku *Pendidikan Anak Usia Dini: Teori dan Praktik Pembelajaran* ini merupakan referensi utama bagi mahasiswa, pendidik, dan pembaca yang tertarik pada pendidikan anak usia dini. Buku ini membahas berbagai aspek penting dalam pendidikan anak usia dini, mulai dari hakikat manusia dan pendidikan, karakteristik anak, aspek perkembangan anak, hingga teori dan sejarah pendidikan anak usia dini. Selain itu, buku ini juga menyajikan berbagai model pembelajaran yang relevan dengan tahap perkembangan anak, seperti pembelajaran sambil bermain, pembelajaran berbasis multiple intelligences, serta pengembangan nilai agama dan moral. Buku ini juga memperkenalkan konsep pembelajaran tematik berbasis e-module sebagai alat bantu dalam pembelajaran yang efektif dan inovatif, khususnya dalam era digital. Dengan pendekatan yang terstruktur dan komprehensif, buku ini menjadi panduan yang bermanfaat baik dalam teori maupun praktik di lapangan. Buku ini dirancang untuk menjadi acuan utama dalam pengembangan ilmu pendidikan anak usia dini, serta memperkaya wawasan pembaca dalam memahami proses pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan anak usia dini.
Pendidikan anak usia dini adalah pendidikan yang memberikan pelayanan kepada anak yang berada pada rentang usia lahir sampai delapan tahun Pelayanan yang diberikan kepada anak berupa perawatan pengasuhan pendidikan dan pembinaan harus sesuai dengan teori dan praktik pembelajaran bagi anak usia dini Anak usia dini memiliki potensi yang harus dikembangkan melalui rangsangan Potensi potensi tersebut berupa aspek aspek perkembangan Aspek perkembangan yang harus mendapatkan rangsangan yaitu aspek nilai agama dan moral kognitif bahasa fisik motorik dan sosial emosional Aspek perkembangan tersebut harus mendapatkan rangsangan dalam bentuk kegiatan pembelajaran menyenangkan kegiatan pembelajaran yang dikemas dalam bentuk permainan anak harus terlibat dalam setiap kegiatan pembelajaran anak terlibat aktif pengaturan lingkungan menentukan terhadap ketenangan kenyamanan dan kesenangan anak dalam belajar serta memberikan banyak pengalaman untuk mengembangkan wawasan pengetahuan bagi anak Konsep pembelajaran bagi anak usia dini harus sesuai dengan kebutuhan pertumbuhan dan perkembangannya hal itu akan berpengaruh kepada proses keberlanjutan tahap perkembangan selanjutnya Proses kegiatan pembelajaran bagi anak usia dini harus melibatkan seluruh perangkat yang berada di lingkungan anak seperti pihak sekolah guru dan orangtua Kerja sama antara guru dan orangtua sangat menentukan terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak untuk menentukan keberhasilan dari kegiatan pembelajaran diperlukan alat untuk mengakses perkembangan anak sehingga akan nampak keberhasilan perkembangan pembelajaran anak Mata kuliah yang berkaitan Konsep Dasar PAUD Ilmu Pendidikan Anak dan Belajar dan Pembelajaran
Jumlah Halaman | 293 |
---|---|
Kategori | Pendidikan Anak Usia Dini( PAUD ) |
Penerbit | Kencana |
Tahun Terbit | 2021 |
ISBN | 978-623-218-997-3 |
eISBN | 978-623-218-998-0 |