Sinopsis Buku: Buku ini memberikan pengantar ringkas dan beberapa kritik terhadap pendidikan anak usia dini (PAUD) di Indonesia. Penulis menguraikan berbagai perspektif dan mazhab dalam kajian perkembangan anak, termasuk psikoanalisis (dengan pendekatan Sigmund Freud dan Erick Erikson), behaviorisme, serta teori belajar sosial. Selain itu, buku ini juga membahas karakteristik anak usia dini, hakikat fungsi dan tujuan pendidikan dari perspektif hukum, sosial, fungsionalisme, teori konflik, dan feminisme. Buku ini menjelaskan sejarah perkembangan PAUD, tokoh-tokoh dan pioner pendidikan anak usia dini, seperti Friedrich Froebel, Maria Montessori, serta peran Ki Hadjar Dewantara dalam pergerakan pendidikan di Indonesia. Penulis juga mengulas kebijakan PAUD di Indonesia, termasuk rasionalitas kebijakan yang berbasis perkembangan anak dan keuntungan ekonomis, serta layanan PAUD holistik-integratif. Selain itu, buku ini menyajikan tinjauan terhadap kurikulum PAUD, termasuk hakikat kurikulum, standar kompetensi, dan nilai-nilai pedagogi yang relevan. Penulis juga menawarkan perspektif kritis terhadap berbagai isu kontemporer dalam PAUD, termasuk kerangka PAUD bermutu, peran guru dan pendidik, serta kajian terhadap perubahan kebijakan yang cepat dan tidak pasti. Dengan daftar pustaka yang panjang dan beragam, buku ini diharapkan dapat merangsang kajian lanjutan dan menjadi sumber referensi bagi para pelaku dan peneliti di bidang pendidikan anak usia dini di Indonesia.
pengantar PAUD ini juga membahas sejumlah isu dan perspektif yang umum dijumpai dalam kajian PAUD Dalam buku ini ditambahkan sejumlah analisis kritis masalah masalah mendasar pada pendidikan PAUD
Jumlah Halaman | 281 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Cipta Prima nusantara |
Tahun Terbit | 2021 |
ISBN | 978-603-6940-90-7 |
eISBN | null |