Sinopsis Buku: Buku ini membahas tantangan dan peluang pendidikan abad 21 dalam konteks Indonesia, dengan fokus pada pergeseran paradigma pendidikan yang perlu dilakukan untuk menyesuaikan tuntutan zaman yang semakin dinamis dan teknologi yang berkembang pesat. Buku ini mengupas peran penting ilmu humaniora dan sosial, serta ilmu pengetahuan dan teknologi dalam membangun pendidikan yang relevan dan inovatif. Penulis menjelaskan bahwa pendidikan abad 21 tidak lagi mengutamakan guru sebagai sentral pembelajaran, melainkan peserta didik yang menjadi pusat dari proses belajar-mengajar. Dalam buku ini, para penulis juga menggambarkan tantangan yang dihadapi oleh sistem pendidikan Indonesia, seperti kurangnya inovasi dalam pembelajaran, keterbatasan sarana dan prasarana, serta kompetensi guru yang belum optimal. Selain itu, buku ini juga mengkritik kebijakan kurikulum yang sering berganti-ganti tanpa adanya perencanaan yang matang dan berkelanjutan. Penulis menekankan bahwa sistem pendidikan Indonesia perlu berbenah dan fokus pada peluang di masa depan, bukan hanya terus-menerus memikirkan masalah yang belum kunjung tuntas. Buku ini juga membahas dampak perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) terhadap dunia pendidikan, termasuk bagaimana teknologi algoritmis mulai menggeser peran strategis yang sebelumnya hanya dimainkan oleh manusia. Penulis menyoroti pentingnya pengembangan kemampuan kritis, kreativitas, komunikasi, dan kolaborasi dalam menghadapi tantangan abad 21. Buku ini tidak hanya memberikan analisis yang mendalam, tetapi juga menawarkan solusi praktis dan kerangka kerja yang realistis untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Dengan pendekatan empiris dan perspektif yang beragam, buku ini menjadi referensi penting bagi para pendidik, peneliti, dan kebijaksaan pendidikan dalam merancang pendidikan yang lebih inklusif, relevan, dan berorientasi pada masa depan.
Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi TIK beberapa dekade belakangan berdampak luas pada kehidupan manusia Perkembangan itu kian akseleratif di dekade ketiga abad 21 ini Pendidikan menjadi salah satu sektor yang turut terdampak serius sehingga harus segera berbenah menyesuaikan diri dengan tuntutan tuntutan baru yang didapatkan Tumbuh suburnya teknologi algoritmis perlahan mulai menggeser peran peran strategis yang semula hanya bisa dimainkan oleh manusia Mengajar misalnya bila paradigma yang digunakan guru masih sebatas mengajarkan apa siapa di mana dan kapan maka ia akan terlindas oleh Google dan mesin pencari lainnya Pada saat yang sama guru juga dituntut untuk mampu menghasilkan lulusan yang compatible dengan kontestasi global Masalah pelik inilah yang coba dijernihkan oleh buku ini Buku ini berisi tawaran tawaran solutif bagaimana menyelenggarakan pendidikan abad 21 yang ideal menggunakan beragam perspektif
Jumlah Halaman | 196 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Edulitera |
Tahun Terbit | 2021 |
ISBN | 978-623-6634-89-9 |
eISBN | proses |