Sinopsis Buku: Buku ini merupakan hasil penelitian tindakan kelas berjudul *“Peningkatan Keterampilan Menulis Pentigraf dengan Pendekatan Saintifik dan Pemanfaatan Lingkungan Sosial pada Kelas IX A SMP Negeri 3 Kesugihan Tahun Pelajaran 2019/2020”* yang dilaksanakan oleh penulis, Pujiati, S.Pd. Buku ini membahas secara mendalam tentang pendekatan saintifik dalam pembelajaran menulis cerpen, serta pemanfaatan lingkungan sosial sebagai sarana untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa. Dalam buku ini diuraikan konsep menulis, terutama menulis cerpen, serta karakteristik, tujuan, dan prinsip-prinsip pendekatan saintifik dalam pembelajaran. Penulis juga menjelaskan langkah-langkah penerapan pendekatan saintifik, diiringi dengan strategi pembelajaran yang efektif dan dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa. Selain itu, buku ini juga memberikan panduan praktis bagi guru dalam merancang dan menerapkan pembelajaran menulis cerpen yang inovatif dan berbasis lingkungan sosial. Buku ini diharapkan dapat menjadi sumber inspirasi dan motivasi bagi guru dalam melakukan inovasi pembelajaran, serta memberikan manfaat bagi siswa dalam meningkatkan kemampuan menulis cerpen. Buku ini juga dapat digunakan sebagai bahan pengembangan proses pengajaran bahasa Indonesia di sekolah, khususnya dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas IX A SMP Negeri 3 Kesugihan.
Buku ini disusun berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas berjudul Peningkatan keterampilan menulis Pentigraf dengan pendekatan saintifik dan pemanfaatan lingkungan sosial pada kelas IX A SMP Negeri 3 Kesugihan tahun pelajaran 2019 2020 yang dilakukan oleh penulis Dalam buku ini diuraikan secara luas mengenai apa itu menulis dan bagaimana cara untuk menulis Diuraikan pula mengenai cerpen cerita pendek dan pendekatan saintifik serta langkah langkah penerapan pendekatan saintifik dan pemanfaatan lingkungan sosial dalam pembelajaran menulis cerpen pada siswa SMP Buku ini diharapkan dapat memberikan inspirasi dan motivasi bagi para pembaca khususnya guru dalam melaksanakan inovasi dalam pembelajaran di kelas
Jumlah Halaman | 97 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Penerbit Adab |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-623-7943-41-9 |
eISBN |