Sinopsis Buku: Buku ini membahas berbagai pendekatan pembelajaran dalam bidang sains yang berbasis konstruktivis. Dalam buku ini, penulis menyajikan konsep-konsep pendekatan pembelajaran yang dirancang untuk meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam proses belajar-mengajar. Pendekatan yang disajikan mencakup pembelajaran berbasis inkuisi, pembelajaran berdasarkan daur belajar enam fase, pembelajaran praktikum dengan diagram Venn, dan pembelajaran berbasis peta konseptual. Selain itu, buku ini juga menjelaskan pendekatan pembelajaran timbal balik (PR) dan pembentukan soal yang merupakan bagian penting dari pengembangan strategi pembelajaran yang efektif. Buku ini ditujukan untuk para pengajar sains (kimia, fisika, dan biologi) yang ingin mengembangkan variasi dalam pendekatan pembelajaran di kelas, serta mahasiswa yang sedang mengikuti perkuliahan strategi belajar mengajar dalam bidang sains. Buku ini dilengkapi dengan tahap-tahap pembelajaran, contoh implementasi, dan penjelasan yang jelas sehingga memudahkan pembaca dalam menerapkan pendekatan pembelajaran yang baru dan relevan dengan teori konstruktivisme. Dengan pendekatan yang menekankan konstruksi pengetahuan oleh siswa sendiri, buku ini menjadi referensi yang bermanfaat bagi pengembangan pembelajaran sains yang lebih efektif dan inovatif.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas berbagai pendekatan pembelajaran dalam bidang sains yang berbasis konstruktivis. Dalam buku ini, penulis menyajikan konsep-konsep pendekatan pembelajaran yang dirancang untuk meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam proses belajar-mengajar. Pendekatan yang disajikan mencakup pembelajaran berbasis inkuisi, pembelajaran berdasarkan daur belajar enam fase, pembelajaran praktikum dengan diagram Venn, dan pembelajaran berbasis peta konseptual. Selain itu, buku ini juga menjelaskan pendekatan pembelajaran timbal balik (PR) dan pembentukan soal yang merupakan bagian penting dari pengembangan strategi pembelajaran yang efektif. Buku ini ditujukan untuk para pengajar sains (kimia, fisika, dan biologi) yang ingin mengembangkan variasi dalam pendekatan pembelajaran di kelas, serta mahasiswa yang sedang mengikuti perkuliahan strategi belajar mengajar dalam bidang sains. Buku ini dilengkapi dengan tahap-tahap pembelajaran, contoh implementasi, dan penjelasan yang jelas sehingga memudahkan pembaca dalam menerapkan pendekatan pembelajaran yang baru dan relevan dengan teori konstruktivisme. Dengan pendekatan yang menekankan konstruksi pengetahuan oleh siswa sendiri, buku ini menjadi referensi yang bermanfaat bagi pengembangan pembelajaran sains yang lebih efektif dan inovatif.
Jumlah Halaman | 196 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Media Nusa Creative |
Tahun Terbit | 2015 |
ISBN | 978-602-72064-2-7 |
eISBN |