Pendekatan Culturally Responsive Teaching menyadarkan guru untuk tidak hanya mementingkan prestasi akademik tetapi juga mempertahankan identitas budaya siswa melalui penanaman nilai nilai budaya dalam pembelajaran Penanaman nilai nilai karakter budaya menggunakan Pendekatan Culturally Responsive Teaching ini dilakukan dengan mengintegrasikan etnokimia selama pembelajaran yang merupakan salah satu kategori dalam Pendekatan Culturally Responsive Teaching ini Siswa akan mengeksplor dan mengaitkan praktik kebudayaan Indonesia yang berhubungan dengan kehidupan sehari hari siswa Dengan begitu selain mengembangkan kemampuan berpikir dalam akademik pembelajaran akan memposisikan kebudayaan tersebut agar dapat dipelajari sehingga menimbulkan rasa bangga diaplikasikan dan diwujudkan dalam kehidupan pribadi dalam interaksi sosial di masyarakat sekitarnya dan dalam kehidupan berbangsa masa kini Guru harus dapat melaksanakan proses pembelajaran yang memperhatikan perbedaan latar belakang budaya dan karakteristik siswa Perbedaan latar belakang budaya dan karakter tersebut diantaranya latar belakang pengetahuan gaya belajar usia tingkat kematangan ruang lingkup minat lingkungan sosial ekonomi intelegensia prestasi belajar motivasi kebudayaan dan lain sebagainya Pendekatan Culturally Responsive Teaching menyadarkan guru untuk tidak hanya mementingkan prestasi akademik tetapi juga mempertahankan identitas budaya siswa melalui penanaman nilai nilai budaya dalam pembelajaran Penanaman nilai nilai karakter budaya menggunakan Pendekatan Culturally Responsive Teaching ini dilakukan dengan mengintegrasikan etnokimia selama pembelajaran yang merupakan salah satu kategori dalam Pendekatan Culturally Responsive ...Teaching ini Siswa akan mengeksplor dan mengaitkan praktik kebudayaan Indonesia yang berhubungan dengan kehidupan sehari hari siswa Dengan begitu selain mengembangkan kemampuan berpikir dalam akademik pembelajaran akan memposisikan kebudayaan tersebut agar dapat dipelajari sehingga menimbulkan rasa bangga diaplikasikan dan diwujudkan dalam kehidupan pribadi dalam interaksi sosial di masyarakat sekitarnya dan dalam kehidupan berbangsa masa kini Guru harus dapat melaksanakan proses pembelajaran yang memperhatikan perbedaan latar belakang budaya dan karakteristik siswa Perbedaan latar belakang budaya dan karakter tersebut diantaranya latar belakang pengetahuan gaya belajar usia tingkat kematangan ruang lingkup minat lingkungan sosial ekonomi intelegensia prestasi belajar motivasi kebudayaan dan lain sebagainya