Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang pendekatan kontekstual berbantuan media pembelajaran dan penerapannya dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Buku ini ditulis berdasarkan tesis yang penulis susun saat menempuh pendidikan S-2 di Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta pada tahun 2014, dengan judul “Pendekatan Kontekstual dengan Bantuan Media untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS di SMPN 1 Wiradesa Pekalongan”. Buku ini menjelaskan konsep dan prinsip pendekatan kontekstual, serta peran dan fungsi media pembelajaran dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPS. Di samping itu, buku ini juga memberikan panduan praktis dalam penerapan pendekatan kontekstual berbantuan media pembelajaran di kelas. Penulis menjelaskan metode penelitian, hasil penelitian, pembahasan hasil penelitian, serta simpulan dan saran yang diperoleh dari studi kasus yang dilakukan. Buku ini ditujukan kepada para guru, pendidik, dan calon pendidik yang ingin meningkatkan kualitas pembelajaran IPS di SMP melalui pendekatan kontekstual yang lebih efektif dan inovatif. Penulis berharap buku ini dapat menjadi sumber inspirasi dan motivasi bagi para pendidik dalam melakukan inovasi pembelajaran di kelas.
Buku ini ditulis berdasarkan tesis berjudul Penerapan Pendekatan Kontekstual dengan Bantuan Media untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS di SMPN 1 Wiradesa Pekalongan yang penulis susun saat menempuh pendidikan S 2 di Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta pada tahun 2014 Buku ini berisi penjelasan mengenai pembelajaran IPS pendekatan kontekstual dan media pembelajaran serta penerapan pendekatan kontekstual berbantuan media pembelajaran dalam pembelajaran IPS di SMP Penulisan buku ini diharapkan dapat memberikan inpirasi dan motivasi bagi guru lain dalam melakukan inovasi pembelajaran di kelas
Jumlah Halaman | 174 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Penerbit Adab |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-623-93065-7-1 |
eISBN |