Model pembelajaran yang diperlukan dipilih dari pembelajaran yang berorientasi pada pendekatan ilmiah scientific approach Peningkatan kompetensi ilmiah ini dilaksanakan melalui pembelajaran yang terdapat kegiatan mengamati menanya menalar mencoba dan mengkomunikasikan dengan memusatkan pada pengkajian fenomena alam Kompetensi ilmiah yang dimiliki siswa setelah memperhatikan penyajian fenomena alam siswa dapat mengidentifikasi prinsip yang berlaku dan menggunakannya untuk menjelaskan fenomena alam tersebut Oleh karena itu dalam pendekatan induktif berproses dari hal hal yang bersifat konkret ke yang bersifat abstrak setelah siswa memahami dan menangkap suatu konsep berdasarkan sejumlah contoh konkret mereka kemudian sampai kepada generalisasi Model pembelajaran yang diperlukan dipilih dari pembelajaran yang berorientasi pada pendekatan ilmiah scientific approach Peningkatan kompetensi ilmiah ini dilaksanakan melalui pembelajaran yang terdapat kegiatan mengamati menanya menalar mencoba dan mengkomunikasikan dengan memusatkan pada pengkajian fenomena alam Kompetensi ilmiah yang dimiliki siswa setelah memperhatikan penyajian fenomena alam siswa dapat mengidentifikasi prinsip yang ...berlaku dan menggunakannya untuk menjelaskan fenomena alam tersebut Oleh karena itu dalam pendekatan induktif berproses dari hal hal yang bersifat konkret ke yang bersifat abstrak setelah siswa memahami dan menangkap suatu konsep berdasarkan sejumlah contoh konkret mereka kemudian sampai kepada generalisasi