Sinopsis Buku: Buku ini membahas pendekatan *Inquiry* dalam tipe *Project Based Learning (PJBL)* dan *Group Investigation* dalam konteks pembelajaran *Dalam Konsep Pelestarian Lingkungan Hidup*. Buku ini disusun untuk memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang pendekatan pembelajaran inkuiri yang berbasis proyek dan kelompok investigasi, yang bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan peserta didik dalam proses belajar serta mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Melalui pendekatan ini, peserta didik diajak untuk menyelami konsep-konsep lingkungan hidup dan pelestariannya, seperti vegetasi mangrove, konsep lingkungan hidup, dan konsep pelestarian lingkungan hidup. Buku ini juga menjelaskan persamaan dan perbedaan antara model pembelajaran *Project Based Learning* dan *Group Investigation*, serta bagaimana kedua model tersebut dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman konseptual peserta didik. Selain itu, buku ini juga membahas metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini, termasuk populasi dan sampel, variabel penelitian, definisi operasional, instrumen penelitian, dan prosedur penelitian. Hasil penelitian dan pembahasan yang disajikan dalam buku ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai efektivitas pendekatan *Inquiry* dalam tipe *PJBL* dan *Group Investigation* dalam meningkatkan pemahaman peserta didik tentang lingkungan hidup dan pelestariannya. Buku ini merupakan referensi yang relevan bagi para guru, pendidik, dan peneliti yang tertarik dalam pengembangan model pembelajaran berbasis inkuiri untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di bidang lingkungan hidup.
Tiga prinsip belajar yaitu belajar berpusat pada problema problem centered pengalaman nyata learning experience dan peserta didik harus mempunyai balikan tentang proses pencapaian tujuan feedback Sehingga penerapan model yang tepat sesuai dengan materi yang disampaikan pada peserta didik dengan menerapkan prinsip pembelajaran tersebut dapat dijadikan kunci keberhasilan proses pembelajaran Maka didalam buku ini akan mengkombinasikan dua model pembelajaran yaitu model pembelajaran tipe project based learning dan group investigation dengan menerapkan pendekatan inquiry kedua model pembelajaran tersebut memiliki keunggulan yang berbeda berkaitan dengan tingkat keefektifan sesuai dengan materi keunggulan dalam peningkatan pemahaman konsep peserta didik pada proses pembelajaran
Jumlah Halaman | 141 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Penerbit Adab |
Tahun Terbit | 2021 |
ISBN | 978-623-6233-67-2 |
eISBN |