Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang pentingnya penanaman nilai-nilai sejarah dan sikap kebangsaan dalam pembelajaran sejarah. Penulis menjelaskan bahwa mengajar sejarah tidak hanya sekadar menyampaikan fakta-fakta, melainkan juga memperkenalkan nilai-nilai yang terkandung dalam peristiwa sejarah, sehingga siswa dapat menginternalisasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Buku ini menjelaskan berbagai nilai sejarah seperti nasionalisme, patriotisme, budaya, toleransi, persatuan dan kesatuan, serta demokrasi, dan bagaimana nilai-nilai tersebut dapat menjadi dasar sikap dan tindakan dalam membangun bangsa. Selain itu, buku ini juga membahas peran guru dalam pembelajaran sejarah, termasuk cara-cara yang dapat dilakukan guru untuk menjadikan pembelajaran sejarah bermakna dan bermakna bagi siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penanaman nilai-nilai sejarah dan sikap kebangsaan antara lain pendekatan perkembangan kognitif, analisis nilai, serta pembelajaran berbuat. Buku ini juga menyertakan tabel dan gambar yang mendukung penjelasan tentang nilai-nilai sejarah dan indikator sikap yang terkait. Dengan memahami dan menerapkan prinsip-prinsip yang terdapat dalam buku ini, guru dapat memandu siswanya untuk mengembangkan sikap kebangsaan yang kuat, serta menjadi generasi penerus bangsa yang berintegritas, berkeadilan, dan berdedikasi.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang pentingnya penanaman nilai-nilai sejarah dan sikap kebangsaan dalam pembelajaran sejarah. Penulis menjelaskan bahwa mengajar sejarah tidak hanya sekadar menyampaikan fakta-fakta, melainkan juga memperkenalkan nilai-nilai yang terkandung dalam peristiwa sejarah, sehingga siswa dapat menginternalisasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Buku ini menjelaskan berbagai nilai sejarah seperti nasionalisme, patriotisme, budaya, toleransi, persatuan dan kesatuan, serta demokrasi, dan bagaimana nilai-nilai tersebut dapat menjadi dasar sikap dan tindakan dalam membangun bangsa. Selain itu, buku ini juga membahas peran guru dalam pembelajaran sejarah, termasuk cara-cara yang dapat dilakukan guru untuk menjadikan pembelajaran sejarah bermakna dan bermakna bagi siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penanaman nilai-nilai sejarah dan sikap kebangsaan antara lain pendekatan perkembangan kognitif, analisis nilai, serta pembelajaran berbuat. Buku ini juga menyertakan tabel dan gambar yang mendukung penjelasan tentang nilai-nilai sejarah dan indikator sikap yang terkait. Dengan memahami dan menerapkan prinsip-prinsip yang terdapat dalam buku ini, guru dapat memandu siswanya untuk mengembangkan sikap kebangsaan yang kuat, serta menjadi generasi penerus bangsa yang berintegritas, berkeadilan, dan berdedikasi.
Jumlah Halaman | 98 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | CV. Pustaka MediaGuru |
Tahun Terbit | 2018 |
ISBN | 978-602-482-256-9 |
eISBN |