Sinopsis Buku: Buku ini membahas konsep nilai moral dan kepribadian moral anak usia dini, dengan fokus pada perbedaan antara etika dan moral serta pentingnya penalaran moral dalam pembentukan kepribadian anak. Etika dijelaskan sebagai ilmu pengetahuan tentang moral atau filsafat moral, sedangkan moral dianggap sebagai pegangan perilaku individu dalam masyarakat berdasarkan norma dan nilai. Penulis menjelaskan bahwa moral berkaitan dengan penilaian "benar" dan "salah" suatu tindakan, yang dipengaruhi oleh norma sosial dan pranata masyarakat. Selain itu, buku ini juga menyoroti peran cerita anak dalam meningkatkan penalaran moral anak. Cerita anak dianggap sebagai media efektif untuk mengajarkan nilai-nilai moral melalui alur yang menarik dan tokoh-tokoh yang memberikan alasan atau nalar untuk berbuat baik. Dengan memahami penalaran moral, anak dapat memiliki ukuran objektif dalam menilai tindakan baik dan buruk, serta memahami konsep kebenaran dan ketidakbenaran dalam kehidupan sehari-hari. Buku ini sangat relevan bagi calon guru, pendidik, dan orang tua yang ingin memahami cara membentuk kepribadian moral anak usia dini secara efektif dan berlandaskan penalaran moral yang sehat.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas konsep nilai moral dan kepribadian moral anak usia dini, dengan fokus pada perbedaan antara etika dan moral serta pentingnya penalaran moral dalam pembentukan kepribadian anak. Etika dijelaskan sebagai ilmu pengetahuan tentang moral atau filsafat moral, sedangkan moral dianggap sebagai pegangan perilaku individu dalam masyarakat berdasarkan norma dan nilai. Penulis menjelaskan bahwa moral berkaitan dengan penilaian \"benar\" dan \"salah\" suatu tindakan, yang dipengaruhi oleh norma sosial dan pranata masyarakat. Selain itu, buku ini juga menyoroti peran cerita anak dalam meningkatkan penalaran moral anak. Cerita anak dianggap sebagai media efektif untuk mengajarkan nilai-nilai moral melalui alur yang menarik dan tokoh-tokoh yang memberikan alasan atau nalar untuk berbuat baik. Dengan memahami penalaran moral, anak dapat memiliki ukuran objektif dalam menilai tindakan baik dan buruk, serta memahami konsep kebenaran dan ketidakbenaran dalam kehidupan sehari-hari. Buku ini sangat relevan bagi calon guru, pendidik, dan orang tua yang ingin memahami cara membentuk kepribadian moral anak usia dini secara efektif dan berlandaskan penalaran moral yang sehat.
Jumlah Halaman | 117 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Rosda |
Tahun Terbit | 2021 |
ISBN | 978-602-446-557-5 |
eISBN | 978-602-446-577-3 |