Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang pembudayaan literasi seni di Sekolah Dasar (SD), dengan fokus pada konsep, ruang lingkup, fungsi, dan pembagian seni yang relevan dalam konteks pendidikan di tingkat SD. Buku ini juga menyasar pengembangan kreativitas dan kompetensi seni rupa serta pengajaran seni rupa yang efektif dalam lingkungan pendidikan dasar. Selain itu, buku ini menyajikan informasi terkait hukum hak cipta, termasuk fungsi dan sifat hak cipta, pembatasan pelindungan hak cipta, serta sanksi pelanggaran hak ekonomi yang diatur dalam UU No. 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. Informasi ini relevan dalam upaya melindungi karya seni dan memastikan penggunaan yang sah serta bertanggung jawab dalam konteks pendidikan seni. Buku ini juga menyertakan panduan praktis dalam proses berkarya seni rupa, penilaian pendidikan seni rupa, serta karakteristik dan tipologi karya seni rupa yang cocok untuk siswa SD. Materi yang disajikan dirancang untuk meningkatkan pemahaman, keterampilan, dan apresiasi seni di kalangan siswa SD, sekaligus memberikan dasar bagi pengembangan literasi seni secara holistik dan berkelanjutan. Dengan pendekatan yang terstruktur dan komprehensif, buku ini menjadi sumber acuan yang bermanfaat bagi guru, siswa, dan semua pihak yang tertarik dalam pembudayaan literasi seni di SD.
Seni atau kesenian secara umum dikenal sebagai rasa keindahan umumnya rasa keharuan khususnya yang melengkapi kesejahteraan hidup Rasa di susun dan di nyatakan melalui pikiran menjadi bentuk yang dapat di salurkan dan di miliki oleh setiap orang Herberrt Read merumuskan bahwa penjelmaan rasa estetika penciptaan bentuk bentuk yang menyenangkan Peranan seni bagi manusia dapat dibandingkan seperti ekonomi mengisi kehidupan dengan kemakmuran bersifat material kesenian mengisi kehidupan ini dengan kesejahteraan yang bersifat spiritual Kebudayaan mencakup seni dan pendidikan dalam kehidupan masyarakat terus mengalami perubahan yang signifikan karena mengikuti perkembangan pola pikiran masyarakat untuk mencapai kehidupan yang lebih baik Bidang seni dan pendidikan mengalami perubahan karena adanya temuan baru yaitu ilmu pengetahuan dan filsafat Dalam kurun waktu pendidikan seni mengalami perubahan dengan adanya 2 konsep yaitu 1 Dikaitkan dengan aspek ekspresi aristik 2 Dikaitkan dengan tujuan pendidikan
Jumlah Halaman | 108 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Deepublish |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-623-02-2096-8 |
eISBN | 978-623-02-2326-6 |