Buku ini mencoba mendeskripsikan perencanaan desa wisata dalam kacamata pemberdayaan masyarakat Masyarakat dalam konteks perencanaan desa wisata sering kali tidak dikembangkan dalam satu paket produk perencanaan Hal ini disamping karena masyarakat sudah diasosiasikan keterlibatannya di desa juga karena umumnya perencanaan desa wisata umumnya dilakukan dalam tataran kebijakan dan kegiatan bisnis Coba digali kembali secara konseptual mengenai desa masyarakat dan pariwisata Dalam konteks pembahasan buku ini keterhubungan ketiganya coba di bahas dan bagaimana implementasinya dalam desa wisata Terdapat 4 mekanisme dasar yang coba diperkenalkan dalam buku ini sehubungan dengan pemberdayaan masyarakat dalalam desa wisata Mulai dari proses identifikasi potensi local pembentukan kelompok masyarakat pengembangan sumber daya manusia hingga pengembangan usaha ekonomi local yang ada di desa harus dilakukan Ketika seluruh mekanisme ini dijalankan menjadi sebuah cerminan baru untuk dipertimbangkan bagaimana seharusnya masyarakat dalam perencanaan desa wisata Masyarakat sebagai SDM masyarakat sebagai mitra masyarakat sebagai objek wisata atau masyarakat selaku pasar produk wisata Buku ini mencoba mendeskripsikan perencanaan desa wisata dalam kacamata pemberdayaan masyarakat Masyarakat dalam konteks perencanaan desa wisata sering kali tidak dikembangkan dalam satu paket produk perencanaan Hal ini disamping karena masyarakat sudah diasosiasikan keterlibatannya di desa juga karena umumnya perencanaan desa wisata umumnya dilakukan dalam tataran kebijakan dan kegiatan bisnis ... Coba digali kembali secara konseptual mengenai desa masyarakat dan pariwisata Dalam konteks pembahasan buku ini keterhubungan ketiganya coba di bahas dan bagaimana implementasinya dalam desa wisata Terdapat 4 mekanisme dasar yang coba diperkenalkan dalam buku ini sehubungan dengan pemberdayaan masyarakat dalalam desa wisata Mulai dari proses identifikasi potensi local pembentukan kelompok masyarakat pengembangan sumber daya manusia hingga pengembangan usaha ekonomi local yang ada di desa harus dilakukan Ketika seluruh mekanisme ini dijalankan menjadi sebuah cerminan baru untuk dipertimbangkan bagaimana seharusnya masyarakat dalam perencanaan desa wisata Masyarakat sebagai SDM masyarakat sebagai mitra masyarakat sebagai objek wisata atau masyarakat selaku pasar produk wisata