Logo Bacabuku
Pembelajaran Yang Ramah

Pembelajaran Yang Ramah

Drs. Dedy Kustawan, M.Pd.
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang pembelajaran yang ramah dalam konteks pendidikan di sekolah umum dan kejuruan. Buku ini dirancang untuk memberikan pemahaman dan panduan praktis bagi para guru dalam merancang dan menerapkan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Pembelajaran yang ramah tidak hanya berfokus pada kebutuhan peserta didik secara umum, tetapi juga memberikan perhatian khusus pada peserta didik berkebutuhan khusus (PDBK), yang memiliki hak yang sama untuk memperoleh pendidikan berkualitas. Buku ini menjelaskan secara rinci tentang pengembangan kurikulum, komponen pendukung pembelajaran yang ramah, model-model pembelajaran, dan metode pembelajaran yang dapat diterapkan dalam kelas. Selain itu, buku ini juga membahas tentang ruang kelas yang ramah, aksesibilitas, pengaturan tempat duduk, cahaya dan ventilasi, serta alat dan media pembelajaran yang mendukung pembelajaran yang efektif dan inklusif. Buku ini sangat relevan bagi para guru, pengelola pendidikan, dan calon guru yang ingin meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah, terutama dalam upaya menciptakan lingkungan belajar yang nyaman, inklusif, dan mendukung pertumbuhan kompetensi peserta didik secara holistik.

Sinopsis ebook

Memahami keberagaman peserta didik di kelas untuk mengetahui kondisi dan kebutuhan peserta didik yang membutuhkan layanan pendidikan khusus perlu dilakukan oleh setiap guru Kegiatan identifikasi dan asesmen dilakukan agar guru mengetahui kekuatan peserta didik kelemahan peserta didik kebutuhan peserta didik dan standar awal baseline peserta didik sehingga dapat direncanakan program pendidikan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan setiap individu peserta didik Rencana program pembelajaran seperti ini disebut program pembelajaran individual PPI atau Individualized Education Program IEP Untuk membantu peserta didik mengembangkan kemampuan berpikir tahap tinggi berpikir kritis dan berpikir kreatif maka perlu dilaksanakan suatu model pembelajaran yang aktif inovatif kreatif efektif dan menyenangkan PAIKEM Untuk kepentingan tersebut maka seyogyanya guru harus mengenal dan memahami konsep dasar PAIKEM Tujuan PAIKEM prinsip prinsip PAIKEM karakteristik PAIKEM dan mengimplementasikan PAIKEM dalam kelas yang ramah terbuka dan tidak mendiskriminasi

Detail Buku

Jumlah Halaman 136
Kategori Pendidikan
Penerbit Luxima Metro Media
Tahun Terbit 2013
ISBN 978-602-268-021-5
eISBN 978-602-268-406-0
Pembelajaran Yang Ramah

Pembelajaran Yang Ramah

Drs. Dedy Kustawan, M.Pd.