Sinopsis Buku: Buku ini menjelaskan konsep dan penerapan pembelajaran visioner dalam konteks abad pengetahuan, dengan fokus pada pengembangan metode pembelajaran yang inovatif dan berbasis kompetensi. Buku ini merupakan referensi yang komprehensif bagi guru dan pendidik dalam merancang, melaksanakan, dan melaporkan hasil penilaian autentik sesuai dengan kurikulum berbasis kompetensi, baik KTSP 2006 maupun Kurikulum 2013. Isi buku meliputi penjelasan tentang berbagai jenis penilaian autentik seperti penilaian diri, penilaian sikap, penilaian praktek, penilaian proyek, dan penilaian portofolio, serta contoh instrumen penilaian yang dapat digunakan sebagai acuan dalam pengembangan penilaian yang sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan. Selain itu, buku ini juga membahas peran teknologi pendidikan, prinsip penggunaan sumber belajar, dan pengembangan sumber belajar yang mendukung proses pembelajaran yang efektif dan berkelanjutan. Buku ini juga menyajikan studi kasus dan kajian TIMS dan PISA sebagai acuan dalam menilai kualitas pendidikan. Usulan penyederhanaan format rapor juga disampaikan untuk memudahkan guru dalam melaporkan hasil belajar secara holistik tanpa mengurangi makna penilaian berbasis kompetensi. Dengan pendekatan yang terstruktur dan berbasis bukti, buku ini merupakan panduan praktis bagi para pendidik dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di abad pengetahuan.
Dalam dunia pendidikan terdapat beberapa macam model pendidikan dan pembelajarannya Salah satu sistem pembelajaran dalam pendidikan adalah pembelajaran visioner Dalam hal ini pembelajaran merupakan proses interaksi pebelajar dengan pembelajar serta sumber belajar dalam lingkungan belajar Adapun visioner merupakan pandangan seseorang terhadap pembelajaran Pembelajaran visioner lebih menekankan peran pembelajar sebagai pembimbingan dan pendorong bagi pebelajar dalam melakukan kegiatan pembelajaran Pada awalnya peran pembelajar sangat intens dan tinggi dalam menyajikan materi pembelajaran Namun dalam perkembangannya intensitas dan peran pembelajar semakin menurun Oleh karena itu penguasaan dan pembelajaran yang visioner sangat mutlak diperlukan bagi pembelajar Buku ini lebih ditujukan kepada dosen guru dan mahasiswa calon guru dalam bidang pendidikan Walaupun demikian buku ini juga dapat dibaca oleh siapa saja yang ingin menerapkan pembelajaran visioner untuk mengembangkan diri ke arah yang lebih profesional Buku ini memuat berbagai landasan teori dan model pembelajaran yang lebih baik dari sebelumnya
Jumlah Halaman | 186 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Bumi Aksara |
Tahun Terbit | 2016 |
ISBN | 978-602-217-590-2 |
eISBN |