Pembelajaran tematik terpadu merupakan konsep dasar dalam pelaksanaan proses pembelajaran pada kurikulum 2013 di jenjang SD yang sudah diatur dalam Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pembelajaran Tematik Terpadu dilaksanakan dengan menggunakan prinsip pembelajaran terpadu Adapun prinsip prinsip Pembelajaran Tematik Terpadu adalah sebagai berikut 1 Peserta didik mencari tahu bukan diberi tahu 2 Fokus pembelajaran diarahkan kepada pembahasan kompetensi melalui tema yang paling dekat dengan kehidupan peserta didik 3 Terdapat tema yang menjadi pemersatu sejumlah kompetensi dasar yang berkaitan dengan berbagai konsep keterampilan dan sikap 4 Sumber belajar tidak terbatas pada buku 5 Siswa dapat bekerja secara mandiri maupun berkelompok sesuai dengan karakteristik kegiatan yang dilakukan 6 Guru harus merencanakan dan melaksanakan pembelajaran agar dapat mengakomodasi siswa yang memiliki perbedaan tingkat kecerdasan pengalaman dan ketertarikan terhadap suatu topik 7 Kompetensi Dasar mata pelajaran yang tidak dapat dipadukan dapat diajarkan tersendiri 8 Memberikan pengalaman langsung kepada siswa direct experiences dari hal hal yang konkret menuju ke abstrak Pembelajaran tematik terpadu merupakan konsep dasar dalam pelaksanaan proses pembelajaran pada kurikulum 2013 di jenjang SD yang sudah diatur dalam Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pembelajaran Tematik Terpadu dilaksanakan dengan menggunakan prinsip pembelajaran terpadu Adapun prinsip prinsip Pembelajaran Tematik Terpadu adalah sebagai berikut 1 Peserta didik mencari tahu ...bukan diberi tahu 2 Fokus pembelajaran diarahkan kepada pembahasan kompetensi melalui tema yang paling dekat dengan kehidupan peserta didik 3 Terdapat tema yang menjadi pemersatu sejumlah kompetensi dasar yang berkaitan dengan berbagai konsep keterampilan dan sikap 4 Sumber belajar tidak terbatas pada buku 5 Siswa dapat bekerja secara mandiri maupun berkelompok sesuai dengan karakteristik kegiatan yang dilakukan 6 Guru harus merencanakan dan melaksanakan pembelajaran agar dapat mengakomodasi siswa yang memiliki perbedaan tingkat kecerdasan pengalaman dan ketertarikan terhadap suatu topik 7 Kompetensi Dasar mata pelajaran yang tidak dapat dipadukan dapat diajarkan tersendiri 8 Memberikan pengalaman langsung kepada siswa direct experiences dari hal hal yang konkret menuju ke abstrak