Sinopsis Buku: Buku ini membahas secara mendalam tentang pembelajaran tematik untuk tingkat Sekolah Dasar/Madrasah Ibu (SD/MI), dengan fokus pada implementasi Kurikulum 2013. Buku ini memberikan penjelasan yang jelas dan terstruktur mengenai konsep, tujuan, dan pendekatan dalam pembelajaran tematik, serta pentingnya peran guru dalam pengembangan kurikulum. Buku ini juga menjelaskan tentang standar kompetensi lulusan (SKL), kompetensi inti (KI), dan kompetensi dasar (KD) yang menjadi pedoman dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran. Selain itu, buku ini juga membahas peran dan tanggung jawab guru dalam mengembangkan pembelajaran yang efektif, termasuk kemampuan pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian. Di samping itu, buku ini juga menyampaikan pentingnya perubahan mindset guru dalam menerapkan Kurikulum 2013, serta cara mengevaluasi pembelajaran secara holistik dengan menggunakan *authentic assessment* dan rapor yang memuat penilaian kualitatif. Buku ini sangat relevan bagi para pendidik, guru, dan calon guru yang ingin memahami lebih dalam tentang pembelajaran tematik dalam konteks Kurikulum 2013. Penjelasan Alasan: - Buku ini memang menyampaikan konsep pembelajaran tematik, termasuk penjelasan tentang kurikulum 2013, SKL, KI, KD, dan peran guru. - Buku juga menjelaskan tentang perubahan mindset guru, yang merupakan bagian dari implementasi Kurikulum 2013. - Selain itu, buku ini menyebutkan penggunaan *authentic assessment* dan rapor kualitatif, yang merupakan bagian dari penilaian dalam pembelajaran tematik. - Buku ini tidak menyebutkan secara eksplisit tentang sanksi pelanggaran hak cipta, sehingga tidak dimasukkan dalam sinopsis. Kesimpulan: Sinopsis ini disusun berdasarkan informasi yang terdapat dalam konteks yang diberikan, dan tidak menyimpang dari isi buku. Buku ini bertujuan memberikan pemahaman yang komprehensif tentang pembelajaran tematik dalam konteks Kurikulum 2013.
Pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan masa depan hanya dapat terwujud apabila terjadi pergeseran atau perubahan pola pikir dalam proses pembelajaran Pembelajaran harus berorientasi pada kegiatan pembelajaran interaktif berpusat pada siswa dengan mengedepankan proses pengamatan riset pemanfaatan multimedia sehingga pengetahuan yang diperoleh semakin maksimal dan berdaya guna Melihat perkembangan ilmu pengetahuan yang semakin pesat buku ini sangat menarik dan layak untuk diminati para akademisi sebagai bahan dasar dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SD MI Buku ini juga dapat menjadi sumber belajar bagi para mahasiswa khususnya jurusan prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PGSD Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah PGMI Buku ini dapat menjadi bahan bacaan yang mudah dipahami serta mampu mengubah pola pikir para akademisi dalam melaksanakan proses pembelajaran ke arah yang lebih baik Buku ini disampaikan tujuan bagaimana seharusnya proses pembelajaran tematik berdasarkan Kurikulum 2013 yang berlangsung di SD MI dengan membimbing peserta didik untuk berpikir tingkat tinggi HOTS Higher Order Thinking Skills
Jumlah Halaman | 238 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Kencana |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-623-218-550-0 |
eISBN | 978-623-218-551-7 |