Model teaching factory berbasis kecerdasan artifisial Artificial Intelligence AI pada pendidikan menengah vokasi SMK memiliki karateristik dan penekanan pada pembekalan para peserta didik dengan kompetensi dan karakter kewirausahaan technopreneurship yang relevan dengan mitra industri DU DI Isu isu tantangan adalah 1 Tenaga Kerja peserta didik dan guru belum teredukasi dengan baik oleh pengetahuan dan pembelajaran kecerdasan artifisial 2 Digitalisasi infrastruktur belum memadai 3 Kolaborasi Industri DU DI Sekolah dalam mengasah keterampilan peserta didik 4 Kapasitas pelatihan berbasis kecerdasan artifisial dan 5 Regulasi kebijakan sekolah Keberhasilan model teaching factory berbasis kecerdasan artifisial Artificial Intelligence AI dapat dilakukan melalui tiga tahapan yaitu Tahap I Desain Produk Pada tahap ini dilakukan persiapan awal produk yaitu mempersiapkan sumber daya manusia peserta didik dan guru potensi sekolah anggaran bahan baku infrastruktur dan mitra DU DI yang terkait Tahap II Merancang Prototype Pada tahap ini melakukan pengembangan berupa gagasan dan pembuatan prototype awal generasi I II III melalui penelitian dan pengembangan R D hingga pengujian produk Tahap III Presentasi Produk dan Pemasaran Masal Pada tahap ini melakukan promosi ke pihak konsumen pengguna produk dan mitra industri DU DI hingga tercapai pemasaran masal produk siklus improvement di pasaran Buku ini diharapkan menjadi sebuah informasi yang menarik dan bermanfaat bagi pendidik peserta didik tingkat pendidikan menengah baik SMK SMA Model teaching factory berbasis kecerdasan artifisial Artificial Intelligence AI pada pendidikan menengah vokasi SMK memiliki karateristik dan penekanan pada pembekalan para peserta didik dengan kompetensi dan karakter kewirausahaan technopreneurship yang relevan dengan mitra industri DU DI Isu isu tantangan adalah 1 Tenaga Kerja peserta didik dan guru belum teredukasi dengan baik ...oleh pengetahuan dan pembelajaran kecerdasan artifisial 2 Digitalisasi infrastruktur belum memadai 3 Kolaborasi Industri DU DI Sekolah dalam mengasah keterampilan peserta didik 4 Kapasitas pelatihan berbasis kecerdasan artifisial dan 5 Regulasi kebijakan sekolah Keberhasilan model teaching factory berbasis kecerdasan artifisial Artificial Intelligence AI dapat dilakukan melalui tiga tahapan yaitu Tahap I Desain Produk Pada tahap ini dilakukan persiapan awal produk yaitu mempersiapkan sumber daya manusia peserta didik dan guru potensi sekolah anggaran bahan baku infrastruktur dan mitra DU DI yang terkait Tahap II Merancang Prototype Pada tahap ini melakukan pengembangan berupa gagasan dan pembuatan prototype awal generasi I II III melalui penelitian dan pengembangan R D hingga pengujian produk Tahap III Presentasi Produk dan Pemasaran Masal Pada tahap ini melakukan promosi ke pihak konsumen pengguna produk dan mitra industri DU DI hingga tercapai pemasaran masal produk siklus improvement di pasaran Buku ini diharapkan menjadi sebuah informasi yang menarik dan bermanfaat bagi pendidik peserta didik tingkat pendidikan menengah baik SMK SMA