Pendidikan di Indonesia dari zaman ke zaman sudah mengalami perubahan dan perkembangan seiring dengan tuntutan dan kebutuhan zaman Sekarang ini pendidikan Indonesia dihadapkan dengan sejumlah tantangan dan peluang yang hampir sama banyak antara keduanya Pastinya peluang dan tantangan tersebut berbeda dengan zaman zaman sebelumnya Oleh karena itu banyak nya perubahan paradigma yang terjadi di Negara Indonesia membuat kita mengerti bahwa perlunya penilaian pembelajaran Penilaian dalam kegiatan pembelajaran bermuara pada penguasaan komptensi yang diharapkan Selama ini pelaksanaan penilaian di kelas kurang mampu menggambarkan kemampuan siswa yang beragam karena cara dan alat yang digunakan dalam penilaian kurang sesuai dan kurang berfariasi Karena keterbatasan waktu penilaian cendrung dilakukan dengan menggunakan alat yang sederhanaPendidikan di Indonesia dari zaman ke zaman sudah mengalami perubahan dan perkembangan seiring dengan tuntutan dan kebutuhan zaman Sekarang ini pendidikan Indonesia dihadapkan dengan sejumlah tantangan dan peluang yang hampir sama banyak antara keduanya Pastinya peluang dan tantangan tersebut berbeda dengan zaman zaman sebelumnya Oleh karena itu banyak nya perubahan paradigma ...yang terjadi di Negara Indonesia membuat kita mengerti bahwa perlunya penilaian pembelajaran Penilaian dalam kegiatan pembelajaran bermuara pada penguasaan komptensi yang diharapkan Selama ini pelaksanaan penilaian di kelas kurang mampu menggambarkan kemampuan siswa yang beragam karena cara dan alat yang digunakan dalam penilaian kurang sesuai dan kurang berfariasi Karena keterbatasan waktu penilaian cendrung dilakukan dengan menggunakan alat yang sederhana