Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang pembelajaran di Sekolah Dasar yang berbasis teknologi digital. Buku ini dirancang untuk memberikan wawasan dan panduan bagi guru dan pembelajar dalam mengintegrasikan teknologi digital ke dalam proses pembelajaran. Dalam buku ini, dibahas berbagai aspek terkait penilaian berdasarkan fungsinya, seperti penilaian formatif, sumatif, diagnostik, selektif, dan penempatan. Selain itu, juga dijelaskan penilaian berdasarkan cakupan kompetensi, seperti ulangan harian, tengah semester, akhir semester, kenaikan kelas, dan ujian sekolah. Buku ini juga menyajikan instrumen penilaian berbasis teknologi digital, seperti tugas, ujian, entri jurnal, dan forum diskusi. Selain itu, buku ini menjelaskan karakteristik penilaian pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Buku ini dilengkapi dengan penjelasan mengenai hak cipta dan perlindungan terkait penggunaan karya cipta dalam konteks pendidikan. Buku ini merupakan referensi yang relevan dan praktis untuk pendidik yang ingin meningkatkan kualitas pembelajaran melalui pendekatan digital.
Pendidikan di Indonesia dari zaman ke zaman sudah mengalami perubahan dan perkembangan seiring dengan tuntutan dan kebutuhan zaman Sekarang ini pendidikan Indonesia dihadapkan dengan sejumlah tantangan dan peluang yang hampir sama banyak antara keduanya Pastinya peluang dan tantangan tersebut berbeda dengan zaman zaman sebelumnya Oleh karena itu banyak nya perubahan paradigma yang terjadi di Negara Indonesia membuat kita mengerti bahwa perlunya penilaian pembelajaran Penilaian dalam kegiatan pembelajaran bermuara pada penguasaan komptensi yang diharapkan Selama ini pelaksanaan penilaian di kelas kurang mampu menggambarkan kemampuan siswa yang beragam karena cara dan alat yang digunakan dalam penilaian kurang sesuai dan kurang berfariasi Karena keterbatasan waktu penilaian cendrung dilakukan dengan menggunakan alat yang sederhana
Jumlah Halaman | 87 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Deepublish |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-623-02-2095-1 |
eISBN | 978-623-02-2324-2 |