Saat ini telah terjadi pergeseran paradigma pembelajaran sains IPA Dari berpusat kepada guru teacher center menuju pembelajaran yang berpusat pada siswa student center Pembelajaran berbasis masalah berorientasi Higher Order Thinking Skills HOTS mampu meningkatkan kompetensi kognitif siswa untuk mengaplikasikan konsep konsep ilmiah dalam kehidupan nyata melalui proses berpikir Salah satu model pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan keterampilan ini adalah Problem Based Learning PBL Sebuah model pembelajaran yang konsisten dengan teori pembelajaran konstruktivis Buku ini menyajikan secara teoritik dan empirik potensi dan kelebihan PBL untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berpikir dan terlibat aktif melakukan sejumlah keterampilan proses sains Kemampuan yang akan mendorong penumbuhan keterampilan berpikir tingkat tinggi Sebuah buku yang akan menginspirasi para guru melakukan inovasi pembelajaran Saat ini telah terjadi pergeseran paradigma pembelajaran sains IPA Dari berpusat kepada guru teacher center menuju pembelajaran yang berpusat pada siswa student center Pembelajaran berbasis masalah berorientasi Higher Order Thinking Skills HOTS mampu meningkatkan kompetensi kognitif siswa untuk mengaplikasikan konsep konsep ilmiah dalam kehidupan nyata melalui proses berpikir Salah satu model ...pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan keterampilan ini adalah Problem Based Learning PBL Sebuah model pembelajaran yang konsisten dengan teori pembelajaran konstruktivis Buku ini menyajikan secara teoritik dan empirik potensi dan kelebihan PBL untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berpikir dan terlibat aktif melakukan sejumlah keterampilan proses sains Kemampuan yang akan mendorong penumbuhan keterampilan berpikir tingkat tinggi Sebuah buku yang akan menginspirasi para guru melakukan inovasi pembelajaran