Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang pembelajaran sains inovatif yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) dan berbasis masalah (PBL). Buku ini dirancang untuk membantu guru dalam merancang pembelajaran yang efektif dan efisien, sehingga peserta didik dapat berkembang secara kompetensi abad ke-21. Dalam buku ini, disajikan skenario pembelajaran berbasis masalah yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa SMP. Selain itu, buku ini juga menjelaskan konsep HOTS, komponen-komponennya, serta cara melatih siswa untuk berpikir tingkat tinggi dalam proses pembelajaran sains. Buku ini bertujuan untuk meningkatkan literasi ilmiah generasi muda Indonesia, serta mengembangkan kemampuan berpikir ilmiah dan keterampilan berpikir tingkat tinggi dalam konteks pendidikan sains.
Saat ini telah terjadi pergeseran paradigma pembelajaran sains IPA Dari berpusat kepada guru teacher center menuju pembelajaran yang berpusat pada siswa student center Pembelajaran berbasis masalah berorientasi Higher Order Thinking Skills HOTS mampu meningkatkan kompetensi kognitif siswa untuk mengaplikasikan konsep konsep ilmiah dalam kehidupan nyata melalui proses berpikir Salah satu model pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan keterampilan ini adalah Problem Based Learning PBL Sebuah model pembelajaran yang konsisten dengan teori pembelajaran konstruktivis Buku ini menyajikan secara teoritik dan empirik potensi dan kelebihan PBL untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berpikir dan terlibat aktif melakukan sejumlah keterampilan proses sains Kemampuan yang akan mendorong penumbuhan keterampilan berpikir tingkat tinggi Sebuah buku yang akan menginspirasi para guru melakukan inovasi pembelajaran
Jumlah Halaman | 70 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | CV. Cipta Media Edukasi |
Tahun Terbit | 2018 |
ISBN | 978-602-5764-17-2 |
eISBN |