Sinopsis: Buku ini membahas secara mendalam tentang Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), mulai dari isi, strategi pembelajaran, hingga penilaian. Dalam bab pertama, disajikan perbedaan antara *pendidikan kewarganegaraan* (Pkn) dengan *Pendidikan Kewarganegaraan* (PKn), serta hakikat dan status PKn sebagai bagian dari kurikulum pendidikan di Indonesia. Bab kedua menjelaskan karakteristik dan kompetensi yang perlu dimiliki oleh guru PKn, termasuk pentingnya profesi guru dalam pembelajaran PKn. Bab ketiga dan keempat membahas berbagai strategi dan model pembelajaran untuk mengembangkan tiga ranah utama PKn, yaitu *civic knowledge* (pengetahuan kewarganegaraan), *civic skills* (keterampilan kewarganegaraan), dan *civic disposition* (sikap kewarganegaraan). Bab kelima dan keenam menjelaskan secara rinci cara mengembangkan *civic knowledge* melalui berbagai metode pembelajaran yang efektif. Bab ketujuh berfokus pada penilaian dalam pembelajaran PKn, termasuk bagaimana menganalisis hasil penilaian untuk mengevaluasi keberhasilan pembelajaran. Buku ini juga dilengkapi dengan daftar tabel yang memudahkan pemahaman tentang pemetaan ruang lingkup dan materi belajar PKn di tingkat SD, SMP/MTs, dan SMA/MA. Dengan pendekatan yang komprehensif dan terstruktur, buku ini menjadi sumber referensi yang berguna bagi para calon guru, guru, dan penyelenggara pendidikan dalam memahami dan menerapkan pembelajaran PKn secara efektif dan efisien.
Berdasarkan Standar Isi 2006 pendidikan kewarganegaraan di Indonesia pada tingkat sekolah memperkenalkan diri dengan mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan PKn Mata pelajaran PKn mengembangkan misinya sebagai pendidikan kebangsaan dan demokrasi juga penambah misi lainnya yakni sebagai pendidikan bela negara pendidikan HAM pendidikan multikultural pendidikan lingkungan hidup pendidikan hukum dan pendidikan anti korupsi Hal demikian sejalan dengan sifat dari pendidikan yang multidimensional atau multifacet Buku ini berupaya menyajikan karakteristik pendidikan kewarganegaraan di Indonesia khususnya dalam dimensi kurikulum sebagai mata pelajar di sekolah Sajiannya mencakup 3 tiga dimensi penting dalam pembelajaran di kelas yakni bagaimana isi strategi dan penilaian pembelajaran dalam bidang PKn Semoga dapat digunakan para guru dan pendidik bidang kewarganegaraan
Jumlah Halaman | 289 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Bumi Aksara |
Tahun Terbit | 2019 |
ISBN | 978-602-217-295-8 |
eISBN | proses |