Melalui pembelajaran Pendidikan agama Islam sebagai usaha menggugah emosi perasaan siswa untuk menghayati perilakunya yang sejalan pada budaya bangsa serta ajaran agamanya termasuk untuk anak berkebutuhan khusus namun dengan cara yang istimewa Anak berkebutuhan khusus juga berhak untuk mempelajari materi pokok Pendidikan agama Islam yaitu keimanan al Quran akhlak serta fiqih ibadah dari sisi manfaatnya untuk siswa di kehidupan keseharian dalam artian luas Anak Berkebutuhan Khusus perlu ditangani secara baik ketika belajar di kelas agar kecakapan khas yang dimiliki oleh anak berkebutuhan khusus berkembang secara maksimal Setiap anak punya kelebihan masing masing dan kelebihan itu perlu dikembangkan supaya nantinya anak bisa menjalani kehidupannya dalam beragama serta bermasyarakat secara baik Melalui hal tersebut sekolah perlu mengemas pembelajaran dengan tepat agar potensi yang dimiliki anak berkebutuhan khusus bisa berkembang dengan baik mandiri terampil dan mampu berkarya sebagai bekal kehidupan kerkeluarga ketika dewasa dan sebagai warga negara Melalui sekolah inklusi dan sekolah luar biasa berupaya memberikan pelayanan pendidikan yang terbaik bagi seluruh siswa tanpa memandang latar belakang kemampuan maupun ketidakmampuan jenis kelamin status sosial ekonomi suku latar belakang budaya bahasa dan agama menyatu dalam komunitas sekolah yang sama Dalam inklusivitas semua perbedaan tidak dilihat sebagai problematika tetapi sebuah tantangan dan pengayaan dalam lingkungan belajar Mereka jadi siap dan familiar dengan keberagaman dan merasa nyaman dengan aneka perbedaan Tema utama dalam buku ini adalah perencanaan pembelajaran di sekolah inklusi dan SLB Pelaksanaan pembelajaran di sekolah inklusi dan SLB evaluasi pembelajaran di sekolah inklusi dan SLB serta dampak dari pembelajaran di sekolah inklusi dan SLB Melalui pembelajaran Pendidikan agama Islam sebagai usaha menggugah emosi perasaan siswa untuk menghayati perilakunya yang sejalan pada budaya bangsa serta ajaran agamanya termasuk untuk anak berkebutuhan khusus namun dengan cara yang istimewa Anak berkebutuhan khusus juga berhak untuk mempelajari materi pokok Pendidikan agama Islam yaitu keimanan al Quran akhlak serta fiqih ...ibadah dari sisi manfaatnya untuk siswa di kehidupan keseharian dalam artian luas Anak Berkebutuhan Khusus perlu ditangani secara baik ketika belajar di kelas agar kecakapan khas yang dimiliki oleh anak berkebutuhan khusus berkembang secara maksimal Setiap anak punya kelebihan masing masing dan kelebihan itu perlu dikembangkan supaya nantinya anak bisa menjalani kehidupannya dalam beragama serta bermasyarakat secara baik Melalui hal tersebut sekolah perlu mengemas pembelajaran dengan tepat agar potensi yang dimiliki anak berkebutuhan khusus bisa berkembang dengan baik mandiri terampil dan mampu berkarya sebagai bekal kehidupan kerkeluarga ketika dewasa dan sebagai warga negara Melalui sekolah inklusi dan sekolah luar biasa berupaya memberikan pelayanan pendidikan yang terbaik bagi seluruh siswa tanpa memandang latar belakang kemampuan maupun ketidakmampuan jenis kelamin status sosial ekonomi suku latar belakang budaya bahasa dan agama menyatu dalam komunitas sekolah yang sama Dalam inklusivitas semua perbedaan tidak dilihat sebagai problematika tetapi sebuah tantangan dan pengayaan dalam lingkungan belajar Mereka jadi siap dan familiar dengan keberagaman dan merasa nyaman dengan aneka perbedaan Tema utama dalam buku ini adalah perencanaan pembelajaran di sekolah inklusi dan SLB Pelaksanaan pembelajaran di sekolah inklusi dan SLB evaluasi pembelajaran di sekolah inklusi dan SLB serta dampak dari pembelajaran di sekolah inklusi dan SLB