Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang pentingnya pendidikan di wilayah pesisir sebagai bagian dari upaya pengembangan potensi kekayaan laut Indonesia. Dalam konteks pendidikan, buku ini menyoroti bahwa wilayah laut, yang melingkupi sebagian besar wilayah Indonesia, memiliki peran penting dalam pemenuhan kebutuhan manusia. Namun, hingga saat ini, pendidikan kelautan belum menjadi fokus utama pada jenjang Pendidikan Dasar dan TK/PAUD. Oleh karena itu, dibutuhkan upaya untuk memulai rintisan pendidikan pada jenjang tersebut agar bisa mengarah pada pengembangan potensi wilayah pesisir dan laut secara lebih luas. Buku ini juga mengenalkan sebuah model pembelajaran PAUD Wilayah Pesisir yang dikembangkan secara kolektif oleh para konsultan, narasumber, praktisi, dan pendidik PAUD se-Provinsi Gorontalo. Model pembelajaran ini melalui proses yang berkesinambungan, yaitu dari studi eksplorasi, pengembangan model, uji coba model, hingga penetapan model. Model ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan PAUD, khususnya di wilayah pesisir yang menjadi konsentrasi pemukiman penduduk. Dengan adanya model pembelajaran ini, diharapkan para pendidik PAUD dapat memperkaya metode dan pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik dan potensi wilayah pesisir, sehingga mampu menghasilkan generasi yang memiliki pemahaman dan keterampilan yang relevan dengan lingkungan serta sumber daya laut yang ada.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang pentingnya pendidikan di wilayah pesisir sebagai bagian dari upaya pengembangan potensi kekayaan laut Indonesia. Dalam konteks pendidikan, buku ini menyoroti bahwa wilayah laut, yang melingkupi sebagian besar wilayah Indonesia, memiliki peran penting dalam pemenuhan kebutuhan manusia. Namun, hingga saat ini, pendidikan kelautan belum menjadi fokus utama pada jenjang Pendidikan Dasar dan TK/PAUD. Oleh karena itu, dibutuhkan upaya untuk memulai rintisan pendidikan pada jenjang tersebut agar bisa mengarah pada pengembangan potensi wilayah pesisir dan laut secara lebih luas. Buku ini juga mengenalkan sebuah model pembelajaran PAUD Wilayah Pesisir yang dikembangkan secara kolektif oleh para konsultan, narasumber, praktisi, dan pendidik PAUD se-Provinsi Gorontalo. Model pembelajaran ini melalui proses yang berkesinambungan, yaitu dari studi eksplorasi, pengembangan model, uji coba model, hingga penetapan model. Model ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan PAUD, khususnya di wilayah pesisir yang menjadi konsentrasi pemukiman penduduk. Dengan adanya model pembelajaran ini, diharapkan para pendidik PAUD dapat memperkaya metode dan pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik dan potensi wilayah pesisir, sehingga mampu menghasilkan generasi yang memiliki pemahaman dan keterampilan yang relevan dengan lingkungan serta sumber daya laut yang ada.
Jumlah Halaman | 96 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | CV. Pustaka MediaGuru |
Tahun Terbit | 2018 |
ISBN | 978-602-482-639-0 |
eISBN |