Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang pembelajaran matematika dasar bagi anak berkesulitan belajar, dengan fokus pada pengembangan kemampuan matematika yang sesuai dengan karakteristik kesulitan belajar yang dimiliki anak. Buku ini terdiri dari beberapa bab yang saling terkait, yaitu: 1. BAB III: Karakteristik Kesulitan Belajar Matematika Bab ini menjelaskan berbagai jenis kesulitan belajar matematika, seperti kesulitan dalam kemampuan matematika dini, kemampuan motorik dan persepsi-visual, kesulitan dalam bahasa dan membaca, serta kesulitan dalam konsep arah dan waktu. Selain itu, bab ini juga menyajikan latihan dan bahan diskusi untuk memperdalam pemahaman tentang karakteristik kesulitan belajar matematika. 2. BAB IV: Teori Belajar Matematika Bab ini menjelaskan berbagai teori belajar yang relevan dengan pembelajaran matematika, seperti teori perilaku dan teori belajar kognitif. Implikasi dari teori-teori tersebut dalam pembelajaran matematika juga dibahas, dengan harapan dapat memberikan dasar yang kuat dalam merancang strategi pembelajaran yang efektif untuk anak berkesulitan belajar. 3. BAB VII: Pembelajaran Pengukuran Bab ini membahas berbagai aspek pembelajaran pengukuran, termasuk pengukuran panjang, luas, volum, dan waktu. Penjelasan ini dirancang agar anak berkesulitan belajar dapat memahami konsep-konsep pengukuran secara sederhana, terstruktur, dan praktis. 4. BAB VIII: Pemecahan Masalah Matematika Bab ini membahas tentang hakikat pemecahan masalah matematika, serta penerapan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, bab ini juga menjelaskan bagaimana teknologi modern dapat digunakan sebagai alat bantu dalam pemecahan masalah matematika, sehingga memudahkan proses belajar dan pemahaman. 5. BAB XI: Diagnosis & Pengajaran Remedial Matematika Bab ini berisi teknik-teknik diagnosis kesulitan belajar matematika, serta cara melakukan pengajaran remedial yang efektif. Bab ini juga menjelaskan bagaimana remedial dapat dikaitkan dengan motivasi belajar dan pengelolaan diri, serta aplikasi diagnostik dan remedial dalam pembelajaran matematika. Buku ini dirancang sebagai panduan bagi guru, orang tua, dan pembelajar untuk memahami dan mengatasi kesulitan belajar matematika secara komprehensif. Buku ini juga memberikan pertanyaan dan latihan yang dapat digunakan untuk memperkuat pemahaman dan penerapan konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang pembelajaran matematika dasar bagi anak berkesulitan belajar, dengan fokus pada pengembangan kemampuan matematika yang sesuai dengan karakteristik kesulitan belajar yang dimiliki anak. Buku ini terdiri dari beberapa bab yang saling terkait, yaitu: 1. BAB III: Karakteristik Kesulitan Belajar Matematika Bab ini menjelaskan berbagai jenis kesulitan belajar matematika, seperti kesulitan dalam kemampuan matematika dini, kemampuan motorik dan persepsi-visual, kesulitan dalam bahasa dan membaca, serta kesulitan dalam konsep arah dan waktu. Selain itu, bab ini juga menyajikan latihan dan bahan diskusi untuk memperdalam pemahaman tentang karakteristik kesulitan belajar matematika. 2. BAB IV: Teori Belajar Matematika Bab ini menjelaskan berbagai teori belajar yang relevan dengan pembelajaran matematika, seperti teori perilaku dan teori belajar kognitif. Implikasi dari teori-teori tersebut dalam pembelajaran matematika juga dibahas, dengan harapan dapat memberikan dasar yang kuat dalam merancang strategi pembelajaran yang efektif untuk anak berkesulitan belajar. 3. BAB VII: Pembelajaran Pengukuran Bab ini membahas berbagai aspek pembelajaran pengukuran, termasuk pengukuran panjang, luas, volum, dan waktu. Penjelasan ini dirancang agar anak berkesulitan belajar dapat memahami konsep-konsep pengukuran secara sederhana, terstruktur, dan praktis. 4. BAB VIII: Pemecahan Masalah Matematika Bab ini membahas tentang hakikat pemecahan masalah matematika, serta penerapan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, bab ini juga menjelaskan bagaimana teknologi modern dapat digunakan sebagai alat bantu dalam pemecahan masalah matematika, sehingga memudahkan proses belajar dan pemahaman. 5. BAB XI: Diagnosis & Pengajaran Remedial Matematika Bab ini berisi teknik-teknik diagnosis kesulitan belajar matematika, serta cara melakukan pengajaran remedial yang efektif. Bab ini juga menjelaskan bagaimana remedial dapat dikaitkan dengan motivasi belajar dan pengelolaan diri, serta aplikasi diagnostik dan remedial dalam pembelajaran matematika. Buku ini dirancang sebagai panduan bagi guru, orang tua, dan pembelajar untuk memahami dan mengatasi kesulitan belajar matematika secara komprehensif. Buku ini juga memberikan pertanyaan dan latihan yang dapat digunakan untuk memperkuat pemahaman dan penerapan konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari.
Jumlah Halaman | 312 |
---|---|
Kategori | Matematika dan Sains |
Penerbit | Ar-Ruzz |
Tahun Terbit | 2014 |
ISBN | 978-602-7874-50-3 |
eISBN | 978-602-313-339-0 |