Sinopsis Buku: Buku *Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis* merupakan karya yang ditulis oleh Yunus Abidin, Tita Mulyati, dan Hana Yunansah, dengan editor Yanita Nur Indah Sari. Buku ini hadir sebagai panduan praktis bagi para guru dalam mengembangkan kemampuan literasi siswa di berbagai bidang ilmu, yaitu matematika, sains, membaca, dan menulis. Buku ini juga memberikan kontribusi dalam penerapan Program Guru Pembelajar (GLS), khususnya pada tahap ketiga yang menekankan integrasi literasi dengan seluruh mata pelajaran di sekolah. Dalam buku ini, penulis menjelaskan konsep dasar literasi dan multiliterasi, serta perkembangan paradigma pembelajaran literasi yang semakin luas dan relevan dengan kebutuhan pembelajaran abad ke-21. Buku ini juga membahas ruang lingkup dan standar pembelajaran literasi, serta memberikan strategi dan model pembelajaran yang dapat diterapkan oleh guru untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa secara holistik. Selain itu, buku ini menyajikan berbagai metode pembelajaran dan model penilaian literasi yang efektif, yang dapat menjadi acuan bagi guru dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran yang inovatif dan berbasis kompetensi. Dengan adanya buku ini, diharapkan dapat terwujud generasi Indonesia yang multiliterat, yang mampu menguasai berbagai bidang ilmu dan berkomunikasi secara efektif dalam berbagai konteks.
Upaya meningkatkan kemampuan literasi siswa melalui program Gerakan Literasi Sekolah GLS secara nyata telah menumbuhkan kebiasaan literasi di sekolah Meskipun demikian kebiasaan literasi yang selama ini di capai baru merupakan tahap pertama pelaksanaan GLS Guna melaksanakan GLS pada tahap kedua dan ketiga masih diperlukan upaya nyata terutama dalam hal menentukan strategi pembelajaran dan penilaian literasi Kehadiran buju Pembelajaran Literasi Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Sains Membaca dan Menulis diharapkan menjadi salah satu solusi bagi ketersediaan strategi pembelajaran dan penilaian literasi Buku ini membahas secara tuntas konsep pembelajaran dan penilaian literasi yang mencakup literasi matematika literasi sains literasi menbaca dan literasi menulis Melalui pengaplikasian strategi pembelajaran dan penilaian literasi seluruh tahapan GLS akan terlaksana dan kemampuan literasi siswa Indonesia akan meningkat Oleh sebab itu buku ini sangat penting dibaca oleh mahasiswa calon guru guru serta pemerhati dan pemangku kebijakan pendidikan
Jumlah Halaman | 320 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Bumi Aksara |
Tahun Terbit | 2018 |
ISBN | 978-602-444-077-0 |
eISBN | 978-623-328-065-5 |