Sinopsis Buku: Buku ini menyajikan pendekatan dan implementasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dalam konteks pendidikan modern, khususnya dalam era digital dan New Normal. Buku ini menggabungkan konsep PJJ dengan teknologi e-learning, yang dikenal sebagai *Blended Learning*, sebagai solusi efektif untuk memperluas akses pendidikan kepada peserta didik di pelosok dan pedalaman Indonesia. Penulis menjelaskan berbagai regulasi terkini terkait PJJ, seperti Permenristekdikti No. 50/2015 dan No. 51/2018, serta kebijakan pemerintah dalam menghadapi tantangan pandemik Covid-19 yang memaksa pendidikan berlangsung secara daring. Buku ini juga menyajikan praktik nyata penyelenggaraan PJJ dan e-learning blended di berbagai institusi pendidikan tinggi, seperti PJJ S1 PGSD UPI, PJJ Magister Tekpend IPI, dan PJJ Doktor UNINUS. Selain itu, buku ini menjelaskan mekanisme dan prosedur pengembangan bahan ajar digital, produksi bahan ajar online, serta model monitoring dan evaluasi PJJ yang efektif. Dalam konteks ini, buku juga mengupas inovasi VCDLN dalam PJJ online dan peran strategis blended learning dalam konteks New Normal. Buku ini menjadi referensi utama bagi para pendidik, dosen, mahasiswa, dan penyelenggara pendidikan dalam menghadapi tantangan dan peluang di era digital yang semakin pesat.
Buku ini berisi sebuah jawaban nyata dan jelas serta bagaimana teknis untuk meyakinkan pemerintah dan seluruh lembaga pendidikan yang selama ini meragukan dengan pendidikan jarak jauh termasuk ilmu Teknologi Pendidikan Penulis menunjukkan dalam buku ini bahwa kepakaran Teknologi Pendidikan sekarang pada saat pandemik covid 19 sudah pasti dicari dan dibutuhkan untuk membangun sistem pembelajaran jarak jauh elektronik dan daring Buku ini menguraikan mulai dari level kebijakan tertinggi dalam penyelenggaraan PJJ Pembelajaran Jarak Jauh yang memaparkan bagaimana melakukan analisis kebutuhan dalam membangun sistem PJJ model baru yang penulis tawarkan yaitu model VCDLN Virtual Community Digital Learning Nusantara Dalam konsep VCDLN ini peluang siswa dan guru di pedalaman tidak akan kesulitan karena terbatasnya kuota namun dengan melalui pembentukan komunitas komunitas pembelajaran jarak jauh ini dapat dilayani dengan baik Buku ini dilengkapi dengan bagaimana PJJ melalui VCDLN dibangun dari bawah sampai mampu menjadi ujung tombak dalam layanan pendidikan modern untuk mencetak generasi masa depan yang lebih cerdas khususnya dengan memanfaatkan Teknologi Televisi LCJ TVDIGITAL dari pengalaman membangun TVUPI Digital membangun Platform E learning menggunakan moodle mengembangkan tim pokja membangun sistem LMS mengembangkan konten pembelajaran dan mengukur tingkat efektivitas penyelenggaraan PJJ secara digital daring semua dikupas pada setiap bab
Jumlah Halaman | 249 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Rosda |
Tahun Terbit | 2021 |
ISBN | 978-602-446-524-7 |
eISBN | 978-602-446-545-2 |