Sinopsis Buku: Buku ini merupakan panduan komprehensif dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) untuk calon guru di Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan Pendidikan Guru Madrasah Ibu (PGMI). Buku ini dirancang untuk membekali mahasiswa PGSD/PGMI dengan pemahaman mendalam mengenai hakikat IPA, prinsip-prinsip pembelajaran IPA, serta strategi pengembangan silabus yang efektif dan sesuai dengan kurikulum pendidikan SD. Dalam buku ini, dibahas secara terstruktur tentang hakikat IPA sebagai produk, proses, dan sikap, serta bagaimana IPA dapat dikembangkan menjadi bagian dari pembelajaran yang menarik dan relevan dengan tingkat perkembangan peserta didik. Selain itu, buku ini juga menjelaskan berbagai teori pembelajaran yang relevan, seperti teori Piaget, Bruner, Gagne, dan Ausubel, yang dapat menjadi dasar dalam merancang strategi pembelajaran IPA yang inovatif dan berorientasi pada kompetensi peserta didik. Buku ini juga menyajikan panduan lengkap dalam pengembangan silabus IPA, termasuk landasan, tujuan, prinsip, komponen, dan unit waktu pengembangan silabus. Selain itu, buku ini menjelaskan cara penyusunan kegiatan pembelajaran IPA yang melibatkan peserta didik secara aktif, serta bagaimana menciptakan suasana belajar yang demokratis dan menyenangkan. Selanjutnya, buku ini juga membahas pentingnya evaluasi dalam pembelajaran IPA, termasuk fungsi, tujuan, dan kegunaan evaluasi sebagai alat untuk menilai proses dan hasil pembelajaran. Dengan informasi yang disajikan secara sistematis dan jelas, buku ini menjadi sumber referensi yang sangat bermanfaat bagi para calon guru dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran IPA yang berkualitas di Sekolah Dasar.
Dalam pembelajaran di Sekolah Dasar ada beberapa mata pelajaran utama salah satunya yakni mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam IPA Seperti halnya mata pelajaran lainnya sebelum melaksakan pembelajaran IPA para tenaga pengajar harus mengetahui apa sebenarnya IPA itu
Jumlah Halaman | 178 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Nuta Media |
Tahun Terbit | 2021 |
ISBN | 978-623-6040-06-5 |
eISBN | proses |