Sinopsis Buku: Buku ini berjudul *Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar*, yang ditulis oleh Nelly Wedyawati, S.Si., M.Pd. dan Yasinta Lisa, S.Si., M.Cs. Buku ini merupakan karya akademik yang dirancang untuk mendukung proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di tingkat Sekolah Dasar. Buku ini menyajikan berbagai teori dan landasan pembelajaran IPA, termasuk konsep hakikat pembelajaran IPA, landasan psikologis, filosofis, dan pedagogis, serta pendekatan konstruktivis dalam pembelajaran IPA. Buku ini juga membahas berbagai model pembelajaran yang relevan dengan konsep konstruktivis, yang bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan pemahaman siswa dalam proses belajar-mengajar. Penulis menjelaskan bahwa pembelajaran IPA tidak hanya bersifat transmisi pengetahuan, tetapi lebih pada pengembangan kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan berbasis masalah. Selain itu, buku ini memberikan gambaran mengenai peran guru dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran IPA yang efektif, serta pentingnya pendekatan yang berbasis eksplorasi dan eksperimen untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep IPA. Buku ini sangat bermanfaat bagi para dosen, mahasiswa, peneliti, serta semua pihak yang berkepentingan dalam pengembangan pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Buku ini juga dapat menjadi referensi untuk memperkaya wawasan dan pengetahuan tentang pendekatan pembelajaran IPA yang sesuai dengan perkembangan kurikulum dan metode pembelajaran modern.
Sebagai sekumpulan pengetahuan IPA merupakan susunan sistematis hasil temuan yang dilakukan para ilmuwan Hasil temuan tersebut berupa fakta konsep prinsip hukum teori maupun modal ke dalam kumpulan pengetahuan sesuai dengan bidang kajiannya misalnya biologi kimia fisika dan sebagainya Menurut Hungerford Volk Ramsey 1990 13 14 IPA adalah 1 proses memperoleh informasi melalui metode empiris empirical method 2 informasi yang diperoleh melalui penyelidikan yang telah ditata secara logis dan sistematis dan 3 suatu kombinasi proses berpikir kritis yang menghasilkan informasi yang dapat dipercaya dan valid Berdasarkan tiga definisi tersebut Hungerfood Volk Ramsey 1990 menyatakan bahwa IPA mengandung dua elemen utama yaitu proses dan produk yang saling mengisi dalam derap kemajuan dan perkembangan IPA IPA sebagai suatu proses merupakan rangkaian kegiatan ilmiah atau hasil hasil observasi terhadap fenomena lam untuk menghasilkan pengetahuan ilmiah scientific knowlege yang lazim disebut produk IPA Produk produk IPA meliputi fakta konsep prinsip generalisasi teori dan hukum hukum serta model yang dapat dinyatakan dalam beberapa cara
Jumlah Halaman | 338 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Deepublish |
Tahun Terbit | 2019 |
ISBN | 978-623-7022-55-8 |
eISBN | 978-623-209-569-4 |