Kegiatan mengelola sistem pembelajaran di kelas membutuhkan kemampuan secara profesional dari guru Artinya guru tidak hanya menguasai materi pembelajaran secara luas dan mendalam tetapi juga mampu memanajemen penyelenggaraan pembelajaran serta dapat mempertanggungjawabkannya baik secara moral maupun dalam konteks keilmuan Secara teoretis guru diwajibkan memiliki sikap dan sifat profesionalitas tersebut Akan tetapi pada praktiknya memang tidak selalu bebas hambatan Hambatan yang kerap muncul ialah bagaimana menerapkan strategi dan praktik penyelenggaraan belajar mengajar di kelas Dalam ranah empiris strategi dan praktik yang sebagian besar diterapkan oleh guru ialah sistem satu arah yang mana guru berceramah sementara para siswa duduk tenang mendengarkan Praktik demikian merupakan salah satu metode yang dapat diterapkan oleh guru Namun metode tersebut memiliki banyak kelemahan di antaranya secara langsung maupun tidak langsung membentuk mentalitas pasif minim kreativitas cenderung menjemukan bahkan membosankan bagi siswa Oleh sebab itu menjalani profesi mulia sebagai guru membutuhkan trik dan tip yang dapat membantu mengelola kelas menjadi ruang belajar yang efektif dan menyenangkan Tentu saja dengan tetap tidak melupakan aspek edukatif sebagai term sentral dalam penyelenggaraan pembelajaran Kegiatan mengelola sistem pembelajaran di kelas membutuhkan kemampuan secara profesional dari guru Artinya guru tidak hanya menguasai materi pembelajaran secara luas dan mendalam tetapi juga mampu memanajemen penyelenggaraan pembelajaran serta dapat mempertanggungjawabkannya baik secara moral maupun dalam konteks keilmuan Secara teoretis guru diwajibkan memiliki sikap dan sifat profesionalitas tersebut Akan tetapi ...pada praktiknya memang tidak selalu bebas hambatan Hambatan yang kerap muncul ialah bagaimana menerapkan strategi dan praktik penyelenggaraan belajar mengajar di kelas Dalam ranah empiris strategi dan praktik yang sebagian besar diterapkan oleh guru ialah sistem satu arah yang mana guru berceramah sementara para siswa duduk tenang mendengarkan Praktik demikian merupakan salah satu metode yang dapat diterapkan oleh guru Namun metode tersebut memiliki banyak kelemahan di antaranya secara langsung maupun tidak langsung membentuk mentalitas pasif minim kreativitas cenderung menjemukan bahkan membosankan bagi siswa Oleh sebab itu menjalani profesi mulia sebagai guru membutuhkan trik dan tip yang dapat membantu mengelola kelas menjadi ruang belajar yang efektif dan menyenangkan Tentu saja dengan tetap tidak melupakan aspek edukatif sebagai term sentral dalam penyelenggaraan pembelajaran