Sinopsis Buku: Buku ini membahas konsep dan pendekatan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dari perspektif filosofi dan kurikulum. Penulis, Dadang Supardan, menjelaskan sejarah perkembangan IPS, definisi, tujuan, serta perbedaan pendekatan antara ilmu-ilmu sosial sebagai *synthetic disciplines* dengan pendekatan struktur ilmu. Buku ini juga menyajikan visi pembelajaran IPS yang *powerful*, yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan berorientasi pada perubahan sosial. Selain itu, buku ini membahas kurikulum IPS, perbedaan antara Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013, serta pentingnya perubahan mindset guru menuju pendekatan yang lebih kreatif dan transformatif. Buku ini merupakan panduan penting bagi mahasiswa dan calon guru IPS dalam memahami prinsip-prinsip pembelajaran yang efektif dan berorientasi pada pengembangan diri serta masyarakat.
Buku ini membahas secara rinci perspektif filosofi dan kurikulum yang ada di dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Ulasannya berkaitan dengan Filosofi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Kurikulum Ilmu Pengetahuan Sosial dan Perkembangannya serta Penerapan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Penyajian buku ini dikemas secara ringkas sistematis namun komprehensif agar pembaca dapat memahami pentingnya pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial yang kreatif dan powerful Buku ini terutama ditujukan untuk para mahasiswa keguruan Ilmu Pengetahuan Sosial yang mengambil mata kuliah berkenaan dengan General Methods of Teaching Metode Metode Umum Pembelajaran Kehadiran buku ini diharapkan dapat memberikan petunjuk dan arahan mengenai bentuk pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial yang transmitif dan transformatif
Jumlah Halaman | 258 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Bumi Aksara |
Tahun Terbit | 2015 |
ISBN | 978-602-217-541-4 |
eISBN | 978-623-328-173-7 |