Sinopsis Buku: Buku ini membahas konsep pembelajaran Hypnoteaching sebagai metode pendidikan yang inovatif dan efektif dalam proses pembelajaran. Dalam buku ini, penulis menjelaskan secara mendalam tentang makna belajar, ciri-ciri belajar, serta perbedaan antara perubahan tingkah laku akibat belajar dengan perubahan yang tidak termasuk dalam proses belajar. Penulis juga menjelaskan bahwa belajar adalah proses perubahan tingkah laku yang bersifat permanen, dan melibatkan berbagai aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Selain itu, buku ini menjelaskan bahwa belajar tidak hanya mencakup pengumpulan pengetahuan, tetapi juga membentuk keterampilan, kebiasaan, sikap, dan nilai-nilai positif dalam diri individu. Pembelajaran Hypnoteaching yang diusung dalam buku ini bertujuan untuk membentuk sikap mental, perilaku, dan pribadi peserta didik melalui pendekatan yang bijaksana dan berkelanjutan. Dalam buku ini, penulis juga menjelaskan langkah-langkah, implementasi, serta contoh penerapan metode Hypnoteaching dalam pembelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam) pada siswa kelas IV. Buku ini merupakan panduan praktis bagi para guru dan pendidik dalam memperkaya metode pembelajaran yang lebih efektif, kreatif, dan berorientasi pada pengembangan kompetensi peserta didik secara holistik. Dengan pendekatan Hypnoteaching, pembelajaran tidak hanya menjadi proses menghafal, tetapi juga menjadi proses pengembangan diri yang berkelanjutan dan bermakna.
BAB I KAJIAN TEORI A Belajar dan Pembelajaran 1 Pengertian Belajar Belajar adalah suatu proses yang dilakukan setiap individu untuk mendapatkan perubahan tingkah laku baik dalam bentuk pengetahuan keterampilan sikap dan nilai positif sebagai suatu pengalaman dari berbagai materi yang telah dipelajari Belajar dapat juga diartikan sebagai segala aktivitas psikis yang dilakukan oleh setiap individu sehingga tingkah lakunya berbeda antara sebelum dan sesudah belajar Perubahan tingkah laku atau tanggapan karena adanya pengalaman baru memiliki kepandaian ilmu setelah belajar dan aktivitas berlatih Menurut M Sobry Sutikno pengertian belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan oleh seseorang untuk mendapatkan suatu perubahan yang baru sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya Dalam hal ini perubahan adalah sesuatu yang dilakukan secara sadar disengaja untuk memperoleh suatu yang lebih baik dari sebelumnya Sedangan menurut Mendefinisikan belajar sebagai perubahan kelakuan pengalaman dan latihan Jadi belajar membawa suatu perubahan pada diri individu yang belajar Perubahan itu Pembelajaran Hypnoteaching 1
Jumlah Halaman | 64 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Hikam Media Utama |
Tahun Terbit | 2021 |
ISBN | 978-623-311-807-1 |
eISBN | - |