Sinopsis Singkat Buku: Buku ini membahas tentang pembelajaran HOTS (Higher Order Thinking Skills) yang merupakan pendekatan pembelajaran yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, holistik, spasial, analitis, dan linier pada peserta didik. Dalam rangka memenuhi tuntutan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU No. 20 Tahun 2003), buku ini menjelaskan pentingnya penerapan pembelajaran abad ke-21 yang mencakup empat aspek utama, yaitu: (1) Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah, (2) Kreativitas dan Inovasi, (3) Komunikasi, dan (4) Kolaborasi. Selain itu, buku ini juga menjelaskan berbagai metode pembelajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan nasional, termasuk metode ceramah, tanya jawab, demonstrasi, kerja kelompok, dan simulasi. Penulis menjelaskan bahwa pembelajaran yang efektif tidak hanya mengandalkan pengetahuan, tetapi juga kemampuan untuk mengaplikasikan pengetahuan tersebut dalam situasi nyata, sehingga peserta didik dapat menjadi manusia yang berkualitas, bermartabat, dan berdaya saing. Buku ini ditujukan bagi para guru, pendidik, dan calon pendidik yang ingin meningkatkan kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional melalui pendidikan profesi. Dengan adanya buku ini, diharapkan dapat menjadi referensi dalam memperbaiki dan mengembangkan proses pembelajaran yang lebih efektif dan sesuai dengan tuntutan era abad ke-21.
Sinopsis Singkat Buku: Buku ini membahas tentang pembelajaran HOTS (Higher Order Thinking Skills) yang merupakan pendekatan pembelajaran yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, holistik, spasial, analitis, dan linier pada peserta didik. Dalam rangka memenuhi tuntutan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU No. 20 Tahun 2003), buku ini menjelaskan pentingnya penerapan pembelajaran abad ke-21 yang mencakup empat aspek utama, yaitu: (1) Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah, (2) Kreativitas dan Inovasi, (3) Komunikasi, dan (4) Kolaborasi. Selain itu, buku ini juga menjelaskan berbagai metode pembelajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan nasional, termasuk metode ceramah, tanya jawab, demonstrasi, kerja kelompok, dan simulasi. Penulis menjelaskan bahwa pembelajaran yang efektif tidak hanya mengandalkan pengetahuan, tetapi juga kemampuan untuk mengaplikasikan pengetahuan tersebut dalam situasi nyata, sehingga peserta didik dapat menjadi manusia yang berkualitas, bermartabat, dan berdaya saing. Buku ini ditujukan bagi para guru, pendidik, dan calon pendidik yang ingin meningkatkan kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional melalui pendidikan profesi. Dengan adanya buku ini, diharapkan dapat menjadi referensi dalam memperbaiki dan mengembangkan proses pembelajaran yang lebih efektif dan sesuai dengan tuntutan era abad ke-21.
Jumlah Halaman | 92 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Media Nusa Creative |
Tahun Terbit | 2019 |
ISBN | 978-602-462-277-0 |
eISBN |