Sinopsis Buku: Buku ini merupakan hasil penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan oleh penulis, Joko Widodo, dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fisika di SMK Negeri 1 Sukamara, Kabupaten Sukamara, tahun pelajaran 2016/2017. Buku ini disusun dengan tujuan untuk memberikan alternatif pembelajaran Fisika yang lebih menarik, aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan sesuai prinsip Paikem. Penulis mengaplikasikan model pembelajaran kooperatif tipe *Jigsaw* sebagai metode utama dalam proses pembelajaran. Model ini dirancang untuk meningkatkan keterlibatan siswa secara aktif, memfasilitasi pemahaman konsep, serta menciptakan suasana belajar yang kondusif dan menantang. Buku ini juga mencakup pelaksanaan siklus pembelajaran, analisis hasil pembelajaran, serta refleksi terhadap proses dan hasil pembelajaran yang telah dilakukan. Selain itu, buku ini dilengkapi dengan penjelasan teori yang mendukung implementasi model *Jigsaw*, serta contoh-contoh soal dan latihan yang dapat digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran. Buku ini menjadi referensi praktis bagi para guru yang ingin menerapkan pendekatan pembelajaran kooperatif dalam mengajar Fisika, khususnya di tingkat SMK.
Mengajarkan konsep sains sangatlah penting bagi seorang guru agar dapat menimbulkan rasa keingintahuan siswa Tujuan utama dari pendidikan adalah untuk menarik perhatian siswa agar mau dan berkeinginan untuk mengetahui hal hal yang hendak dikatakan oleh gurunya Jika tidak maka sia sialah apa yang akan kita lakukan Mengajarkan berbagai kejadian peristiwa yang terjadi di sekitar kita dalam sains terutama fisika untuk sekolah menengah kejuruan adalah salah satu metode yang terbaik Buku ini bercerita tentang pengajaran sains agar siswa mau dan tertarik untuk belajar dan memilki keingintahuan agar mau menyelidiki sesuatu yang berkaitan dengan sains
Jumlah Halaman | 70 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | CV. Cipta Media Edukasi |
Tahun Terbit | 2018 |
ISBN | 978-602-478-480-5 |
eISBN |