Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang pembelajaran Fikih yang berbasis kecerdasan majemuk dan keaktifan belajar di madrasah. Penulis menjelaskan bahwa pembelajaran yang efektif tidak hanya bergantung pada metode mengajar yang konvensional, tetapi juga memerlukan pendekatan yang lebih holistik dan adaptif terhadap keberagaman kecerdasan yang dimiliki peserta didik. Kecerdasan majemuk, yang merupakan konsep yang menekankan bahwa setiap individu memiliki kekuatan dan kelebihan berbeda, menjadi strategi utama dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Dalam buku ini, penulis menjelaskan pengertian dan konsep kecerdasan majemuk, serta bagaimana konsep tersebut dapat diaplikasikan dalam proses pembelajaran Fikih. Selain itu, buku ini juga menjelaskan pentingnya keaktifan belajar dalam memperkaya pengalaman belajar dan meningkatkan keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran. Keaktifan belajar dianggap sebagai kunci dalam mencapai tujuan pembelajaran secara optimal, karena melalui keaktifan belajar, peserta didik dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan kemandirian. Buku ini juga membahas faktor-faktor yang memengaruhi hasil belajar, klasifikasi hasil belajar, serta konsep operasional dalam pembelajaran yang efektif. Penulis menekankan pentingnya menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan, mendukung, dan mendorong peserta didik untuk terlibat aktif dalam proses belajar. Dengan pendekatan yang berbasis kecerdasan majemuk dan keaktifan belajar, buku ini memberikan panduan praktis dan strategi yang dapat diterapkan oleh guru dan pengelola madrasah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Fikih, sehingga peserta didik dapat mengembangkan kemampuan intelektual, spiritual, dan sosial secara seimbang.
Peserta didik dengan ragam kepribadian yang dimiliki menandakan bahwa pada diri mereka terdapat kecerdasan majemuk sebagai bekal untuk dipergunakan dalam menjalani proses pembelajaran Setiap peserta didik memiliki perbedaan kecenderungan dalam perkembangan kecerdasannya sehingga dibutuhkan kemampuan guru dalam menggunakan strategi untuk mengembangkan seluruh kecerdasan peserta didik secara optimal
Jumlah Halaman | 92 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Literasi Nusantara Abadi |
Tahun Terbit | 2022 |
ISBN | 978-623-329-762-2 |
eISBN | proses |