Logo Bacabuku
PEMBELAJARAN DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

PEMBELAJARAN DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Anita Yus, M.Pd dan Winda Widya Sari, M.Pd.
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Buku: Buku ini dirancang untuk menjadi panduan praktis dan teoritis bagi para guru, orang tua, serta pihak-pihak terkait dalam pengembangan pendidikan anak usia dini (PAUD). Buku ini menjelaskan konsep, teori, dan metode pembelajaran yang relevan dengan karakteristik dan kebutuhan perkembangan anak usia dini. Dalam buku ini, penulis membahas pentingnya mengintegrasikan pembelajaran dalam bentuk bermain, yang merupakan bentuk belajar yang alami dan sesuai dengan tahap perkembangan anak. Buku ini juga menekankan peran guru sebagai penggerak dalam pembelajaran yang mampu mengembangkan sikap positif, kreativitas, dan keterampilan anak. Dengan pendekatan yang holistik dan berbasis teori, buku ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di lembaga PAUD dan membantu pembentukan sumber daya manusia yang berkualitas.

Sinopsis ebook

Terdapat banyak teori yang dikemukakan para ahli untuk menjelaskan bagaimana perubahan perilaku terjadi sebagai akibat belajar Oleh para ahli generasi berikutnya teori yang banyak tersebut diidentifikasi Berdasarkan hasil identifikasi diketahui empat kelompok besar teori yang menjelaskan bagaimana individu belajar yaitu teori behavioristik kognitif sosial dan humanistik Masing masing teori memberi tekanan khusus pada aspek tertentu dalam menjelaskan bagaimana belajar berlangsung pada diri individu Secara ringkas buku ini mengulas teori belajar perilaku behavioristic yang dikemukakan oleh para ahli di antaranya Thorndike Pavlov Watson Skinner dan Guthrie menjelaskan bahwa terdapat stimulus S respons R dalam belajar Belajar akan terjadi bila stimulus yang diberikan diperoleh direspon individu Dari kelima ahli yang dikelompokkan sama ini sesungguhnya terdapat juga perbedaan Misalnya belajar menurut Watson berkaitan dengan perilaku yang dapat diamati sedangkan Pavlov menyatakan perlu adanya pengondisian conditioning Skinner menyatakan belajar perlu diberi penguatan reinforcement dan Guthrie memberi tekanan pada perlunya stimulus berulang Menurut kelompok behavioristik seseorang termasuk anak akan belajar bila ada stimulus

Detail Buku

Jumlah Halaman 192
Kategori Pendidikan Anak Usia Dini( PAUD )
Penerbit Kencana
Tahun Terbit 2020
ISBN 978-623-218-350-6
eISBN 978-623-218-572-2
PEMBELAJARAN DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

PEMBELAJARAN DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Anita Yus, M.Pd dan Winda Widya Sari, M.Pd.