Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang pembelajaran Bahasa Indonesia secara fungsional dan komunikatif, dengan fokus pada keterampilan menulis berita yang dibacakan. Buku ini dirancang untuk membantu siswa mengembangkan kemampuan berbahasa secara produktif, baik secara lisan maupun tulisan. Melalui pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning), buku ini menyajikan metode pembelajaran yang kontekstual dan relevan dengan kebutuhan siswa dalam era globalisasi. Buku ini juga menjelaskan konsep dasar keterampilan menulis, seperti menuliskan kembali berita yang dibacakan dan didengar, serta membahas pentingnya mengorganisasikan gagasan dengan runtut, menggunakan kosa kata yang tepat, memperhatikan ejaan dan tanda baca, serta memanfaatkan ragam kalimat yang bervariasi. Buku ini juga menyoroti tantangan yang sering dihadapi siswa dalam proses pembelajaran menulis dan memberikan penjelasan tentang minat belajar siswa dalam konteks pembelajaran Bahasa Indonesia. Buku ini dilengkapi dengan referensi dan profil penulis untuk memberikan informasi lebih lanjut tentang penyusunnya.
Dalam buku ini diuraikan secara luas tentang minat belajar siswa dan keterampilan menulis Dalam buku ini diuraikan pula mengenai pengertian pendekatan pembelajaran CTL dan asas asas CTL contextual teaching and learning Dan tentu saja dalam buku diuraikan secara detail langkah langkah penerapan pendekatan CTL contextual teach and learning dalam pembelajaran menulis berita di SMP Penulisan buku ini sangat memberikan motivasi dan inspirasi bagi pembaca khususnya guru untuk melakukan inovasi dalam pembelajaran di kelas
Jumlah Halaman | 64 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Penerbit Adab |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-623-6872-10-9 |
eISBN |