Buku Pembelajaran Cerpen ini secara umum memuat konsep dasar desain hingga panduan teknis pembelajaran cerpen Gagasan tersebut diharapkan dapat diterapkan di tingkat pendidikan dasar menengah hingga pendidikan tinggi Contoh materi cerpen dibagi menjadi tiga yakni cerpen denotatif cerpen konotatif dan cerpen simbolik Pembagian itu didasari pemikiran tentang pemilihan materi yang tepat dan teknik yang tepat bagi peserta didik Sistem pembelajaran disesuaikan dengan produk peraturan perundang undangan yang mutakhir Jadi buku ini bukan hanya buku mata pelajaran tertentu di kelas tertentu melainkan buku yang secara khusus membahas materi cerpen di tingkat dasar hingga perguruan tinggi Buku ini sangat dibutuhkan di tengah langkanya teori cerpen di tengah tengah kita Untuk memahami isinya buku ini dibagi menjadi lima bagian Bagian pertama pendahuluan berisi pemahaman cerpen sejarah jenis jenis cerpen dan target pembelajaran Bagian kedua memuat dasar dasar desain pembelajaran Bagian ketiga berisi pembelajaran cerpen denotatif Bagian keempat membahas pembelajaran cerpen konotatif Bagian kelima membahas pembelajaran cerpen simbolik Dalam bagian penutup disajikan tantangan pembelajaran cerpen pada masa datang Hal itu terkait dengan materi teknik pembelajaran hingga situasi situasi yang berpengaruh terhadap perubahan pembelajaran cerpen Tak syak lagi buku ini sangat penting bagi para pembelajar khususnya di bidang bahasa dan sastra Ketika terjadi perubahan kurikulum pembelajaran serta pencarian model yang tepat untuk pendidikan karakter selama itu pula belum ada buku panduan yang menyeluruh tentang cara pembelajaran karya sastra secara konseptual teknis dan analitis Buku ini memberi jawabannya Buku Pembelajaran Cerpen ini secara umum memuat konsep dasar desain hingga panduan teknis pembelajaran cerpen Gagasan tersebut diharapkan dapat diterapkan di tingkat pendidikan dasar menengah hingga pendidikan tinggi Contoh materi cerpen dibagi menjadi tiga yakni cerpen denotatif cerpen konotatif dan cerpen simbolik Pembagian itu didasari pemikiran tentang pemilihan materi yang tepat ...dan teknik yang tepat bagi peserta didik Sistem pembelajaran disesuaikan dengan produk peraturan perundang undangan yang mutakhir Jadi buku ini bukan hanya buku mata pelajaran tertentu di kelas tertentu melainkan buku yang secara khusus membahas materi cerpen di tingkat dasar hingga perguruan tinggi Buku ini sangat dibutuhkan di tengah langkanya teori cerpen di tengah tengah kita Untuk memahami isinya buku ini dibagi menjadi lima bagian Bagian pertama pendahuluan berisi pemahaman cerpen sejarah jenis jenis cerpen dan target pembelajaran Bagian kedua memuat dasar dasar desain pembelajaran Bagian ketiga berisi pembelajaran cerpen denotatif Bagian keempat membahas pembelajaran cerpen konotatif Bagian kelima membahas pembelajaran cerpen simbolik Dalam bagian penutup disajikan tantangan pembelajaran cerpen pada masa datang Hal itu terkait dengan materi teknik pembelajaran hingga situasi situasi yang berpengaruh terhadap perubahan pembelajaran cerpen Tak syak lagi buku ini sangat penting bagi para pembelajar khususnya di bidang bahasa dan sastra Ketika terjadi perubahan kurikulum pembelajaran serta pencarian model yang tepat untuk pendidikan karakter selama itu pula belum ada buku panduan yang menyeluruh tentang cara pembelajaran karya sastra secara konseptual teknis dan analitis Buku ini memberi jawabannya