Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang penerapan pendekatan *Contextual Teaching and Learning* (CTL) dalam pembelajaran Biologi di kelas. Pendekatan CTL merupakan metode pembelajaran yang berfokus pada pengaitan materi pelajaran dengan situasi dunia nyata, sehingga peserta didik dapat memahami makna materi yang dipelajari dan mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Dalam buku ini, dijelaskan secara rinci komponen-komponen utama pembelajaran kontekstual, seperti konstruktivisme, proses menemukan (inquiry), serta langkah-langkah dalam merancang materi ajar, lembar kerja siswa, dan alat evaluasi yang efektif. Selain itu, buku ini juga membahas hakikat pembelajaran Biologi dan aspek-aspek penilaian yang relevan dalam konteks pendekatan CTL. Penulis menjelaskan bagaimana pendekatan ini dapat meningkatkan keterlibatan siswa, memfasilitasi proses belajar aktif, dan membentuk kemampuan berpikir kritis serta kreatif yang sesuai dengan standar kompetensi pembelajaran Biologi. Buku ini menjadi panduan praktis bagi guru dan calon guru dalam merancang dan menerapkan pembelajaran Biologi yang kontekstual, inovatif, dan berorientasi pada pembentukan karakter peserta didik.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang penerapan pendekatan *Contextual Teaching and Learning* (CTL) dalam pembelajaran Biologi di kelas. Pendekatan CTL merupakan metode pembelajaran yang berfokus pada pengaitan materi pelajaran dengan situasi dunia nyata, sehingga peserta didik dapat memahami makna materi yang dipelajari dan mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Dalam buku ini, dijelaskan secara rinci komponen-komponen utama pembelajaran kontekstual, seperti konstruktivisme, proses menemukan (inquiry), serta langkah-langkah dalam merancang materi ajar, lembar kerja siswa, dan alat evaluasi yang efektif. Selain itu, buku ini juga membahas hakikat pembelajaran Biologi dan aspek-aspek penilaian yang relevan dalam konteks pendekatan CTL. Penulis menjelaskan bagaimana pendekatan ini dapat meningkatkan keterlibatan siswa, memfasilitasi proses belajar aktif, dan membentuk kemampuan berpikir kritis serta kreatif yang sesuai dengan standar kompetensi pembelajaran Biologi. Buku ini menjadi panduan praktis bagi guru dan calon guru dalam merancang dan menerapkan pembelajaran Biologi yang kontekstual, inovatif, dan berorientasi pada pembentukan karakter peserta didik.
Jumlah Halaman | 96 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | CV. Pustaka MediaGuru |
Tahun Terbit | 2018 |
ISBN | 978-602-482-698-7 |
eISBN |