Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang pembelajaran berorientasi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), yang merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas belajar-mengajar dalam semua satuan pendidikan. AKM dirancang untuk memberikan informasi yang dapat memicu perbaikan dalam proses belajar mengajar, terutama dalam mengembangkan kemampuan literasi membaca dan numerasi pada siswa. Buku ini menjelaskan empat tingkat kompetensi literasi membaca dan numerasi, yaitu: *Perlu Intervensi Khusus*, *Dasar*, *Cakap*, dan *Mahir*. Setiap tingkat kompetensi disertai dengan penjelasan mengenai karakteristik siswa, kondisi yang dicapai, dan rekomendasi solusi pembelajaran yang sesuai. Selain itu, buku ini juga menyoroti peran guru dalam era informasi yang semakin berkembang. Guru tidak lagi hanya sebagai penyampai informasi, tetapi harus menjadi fasilitator yang mendorong siswa untuk menganalisis teks, menyelesaikan masalah, serta mengembangkan keterampilan berpikir kreatif. Buku ini juga memberikan contoh rekomendasi perbaikan pembelajaran untuk pelajaran IPS dengan materi koperasi, terutama dalam konteks tingkat kompetensi yang berbeda. AKM tidak hanya mengukur capaian belajar pada mata pelajaran tertentu, tetapi juga memberikan pelaporan hasil yang dapat dimanfaatkan oleh guru untuk menyusun strategi pembelajaran yang lebih efektif dan berkualitas. Buku ini menjadi panduan penting bagi guru dalam meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa melalui pendekatan pembelajaran yang lebih holistik dan berorientasi pada hasil belajar yang lebih baik.
Buku ini ditujukan bagi mahasiswa program kependidikan guru serta pemangku kepentingan stakeholder dalam bidang pendidikan yang ingin mempelajari tentang pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal Asesmen Kompetensi Minimum AKM Asesmen Kompetensi Minimum merupakan salah satu komponen Asesmen Nasional yang dicanangkan sebagai pengganti Ujian Nasional UN Pembelajaran untuk meningkatkan AKM harus sejalan dengan pembejaran untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi higher order thinking skills Buku diorganisasikan dalam 9 bab yang mencakup Bab 1 Pendahuluan Bab 2 Karakteristik Soal Asesmen Kompetensi Minimum Bab 3 Karakteristik Pembelajaran Berorientasi AKM Bab 4 Meningkatkan Literasi Membaca Bab 5 Meningkatkan Literasi Numerasi Bab 6 Mengembangkan Kreativitas Bab 7 Berpikir Kritis dan Membuat Keputusan Bab 8 Pembelajaran Berbasis Inkuiri Bab 9 Survei Karakter dan Lingkungan Belajar
Jumlah Halaman | 338 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Bumi Aksara |
Tahun Terbit | 2021 |
ISBN | 978-623-328-021-1 |
eISBN | 978-623-328-181-2 |