Sinopsis Buku: Buku ini membahas konsep dan penerapan *Project Based Learning* (PBL) dalam pendidikan anak usia dini (PAUD). Buku ini dirancang untuk memberikan panduan praktis dan inspiratif bagi para guru dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran berbasis proyek. Dalam buku ini dijelaskan secara rinci tentang *apa*, *mengapa*, dan *untuk apa* pembelajaran berbasis proyek, serta karakteristik, keunggulan, dan integrasi PBL dalam kurikulum PAUD. Selain itu, buku ini juga menyajikan langkah-langkah perencanaan, tahapan pelaksanaan, serta metode evaluasi pembelajaran berbasis proyek. Buku ini menekankan pentingnya guru sebagai teladan, fasilitator, motivator, dan pemberi inspirasi dalam proses belajar anak. Pembelajaran berbasis proyek dirancang agar sesuai dengan minat, usia, dan tahap perkembangan anak, serta memanfaatkan alat dan bahan yang mudah ditemukan di lingkungan sekitar, sehingga pembelajaran menjadi lebih menarik, kreatif, dan efektif. Buku ini sangat membantu bagi para guru dan pendidik PAUD yang ingin mengembangkan metode pembelajaran yang inovatif, menyenangkan, dan mendorong pertumbuhan kognitif, sosial, serta kreativitas anak. Dengan pendekatan yang sederhana, murah, dan fleksibel, pembelajaran berbasis proyek dapat dilaksanakan kapan saja dan di mana saja, bahkan saat anak belajar melalui bermain di rumah.
Buku ini membahas perihal pembelajaran berbasis proyek project based learning yang tujuannya untuk membangkitkan ide anak melalui pertanyaan esensial atau permasalahan sederhana yang dapat menjadi dasar untuk beraktivitas nyata melalui eksplorasi investigasi penyampaian dan pengembangan ide serta karya Anak diajak membahas permasalahan dari berbagai sisi melakukan analisis dan menyelesaikan masalah sesuai dengan tahap perkembangan minat serta kemampuannya
Jumlah Halaman | 102 |
---|---|
Kategori | Pendidikan Anak Usia Dini( PAUD ) |
Penerbit | Indocamp |
Tahun Terbit | 2021 |
ISBN | 978-623-304-378-6 |
eISBN | 978-623-304-372-4 |