Sinopsis Buku: Buku ini membahas strategi pembelajaran sains yang relevan dengan tantangan dan kebutuhan pendidikan di Abad 21, khususnya dalam pendekatan *Pembelajaran Berbasis Konteks dan Kreativitas*. Buku ini dirancang untuk membantu guru, calon guru, dan pendidik dalam mengembangkan metode mengajar yang lebih inovatif, menarik, dan efektif dalam membelajarkan sains kepada siswa Sekolah Dasar (SD). Buku ini menyajikan konsep dan pendekatan pembelajaran berbasis konteks yang memungkinkan siswa terlibat secara aktif dalam proses belajar, sekaligus mendorong pengembangan kemampuan kreatif dan keterampilan berpikir kritis. Dalam buku ini juga disertakan contoh penerapan strategi tersebut dalam berbagai topik sains, sehingga memudahkan guru dalam merancang dan menyajikan materi pelajaran yang lebih menarik dan mudah dipahami oleh siswa SD. Selain itu, buku ini juga menyertakan referensi terkait perlindungan Hak Cipta sesuai dengan UU No. 28 Tahun 2014, yang relevan dalam konteks penggunaan materi pembelajaran dan karya cipta dalam proses pendidikan. Dengan demikian, buku ini tidak hanya fokus pada aspek pedagogis, tetapi juga memperhatikan aspek hukum dan etika dalam penggunaan karya cipta dalam pembelajaran.
Sains saat ini perlu untuk dipahami oleh setiap orang Setiap orang perlu untuk berliterasi sains sebagai bekal untuk menghadapi dan memecahkan masalah yang banyak ditimbulkan oleh pesatnya kemajuan teknologi Pembelajaran sains tidak pernah lepas dengan kegiatan manipulatif atau kegiatan yang melibatkan tangan atau dikenal dengan hands on Sejak kurikulum 1975 sampai kurikulum 2013 pembelajaran sains menuntut siswa mengembangkan kemampuannya melalui penggunaan metode ilmiah praktikum pendekatan keterampilan proses pelaksanaan eksperimen inquiry dan pendekatan konsep hal ini dengan jelas menunjukkan keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran Buku ini menghadirkan pemikiran hasil penelitian mengenai pembelajaran berbasis konteks dan kreativitas yang dapat diterapkan pada pembelajaran di Abad 21 Di dalamnya dilengkapi gambaran beserta contoh bagaimana membelajarkan sains yang mudah dan menarik bagi siswa SD yang selama ini dirasakan sulit bagi guru Bagi calon guru buku ini juga memberikan bekal dan pengalaman untuk mengajarkan sains bagi siswa SD
Jumlah Halaman | 69 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Deepublish |
Tahun Terbit | 2019 |
ISBN | 978-623-209-327-0 |
eISBN | 978-623-209-453-6 |