Logo Bacabuku
Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak di SD

Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak di SD

Neni Hermita; dkk
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Buku: Buku ini membahas konsep pembelajaran berbasis kecerdasan jamak (multiple intelligences) dalam konteks pendidikan Sekolah Dasar (SD). Buku ini ditulis oleh Neni Hermita, Rimba Hamid, M. Jaya Adiputra, dan Achmad Samsudin, serta telah diedit oleh DR. Mubiar Agustin, M.Pd. Buku ini dilengkapi dengan desain cover yang menarik dan tata letak isi yang terstruktur, serta gambar-gambar yang didukung oleh sumber dari www.freepik.com. Buku ini terdiri dari lima bab utama yang mencakup: 1. Latar Belakang dan Pentingnya Kecerdasan Jamak dalam Pembelajaran – Bab ini menjelaskan konsep kecerdasan jamak, fungsi, dan sifat hak cipta sebagaimana diatur dalam UU No. 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. 2. Teori-Teori Kecerdasan Jamak – Bab ini membahas teori dasar, jenis-jenis kecerdasan jamak, serta kajian penelitian terkini mengenai konsep ini. 3. Identifikasi Kecerdasan Jamak Siswa – Bab ini menyajikan berbagai format observasi dan angket yang dapat digunakan oleh guru untuk mengidentifikasi kecerdasan jamak yang dimiliki siswanya. 4. Desain Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak – Bab ini memberikan panduan praktis dalam merancang *lesson plan* dan desain pembelajaran yang efektif untuk merangkul beragam kecerdasan yang dimiliki anak didik. 5. Penutup – Bab ini berisi kesimpulan dan refleksi mengenai pentingnya pendekatan pembelajaran berbasis kecerdasan jamak dalam meningkatkan kualitas pendidikan di SD. Buku ini dirancang untuk menjadi panduan praktis bagi para guru dan pengambil kebijakan pendidikan dalam mengembangkan pembelajaran yang lebih inklusif dan berorientasi pada keberagaman kecerdasan yang dimiliki siswa. Dengan pendekatan ini, pembelajaran di SD diharapkan dapat lebih efektif dan mampu memfasilitasi pertumbuhan kompetensi siswa secara holistik.

Sinopsis ebook

Kecerdasan merupakan anugerah potensi terbesar yang dimiliki oleh manusia Kecerdasan menjadi sarana sekaligus indikator untuk mengembangkan kompetensi seseorang Dalam pembelajaran bagi seorang guru tidak dapat lepas dari interaksi dengan anak didiknya yang memiliki keragaman kecerdasan Oleh karena selama ini perspektif pembelajaran belum secara optimal memanfaatkan keberagaman kecerdasan yang dimiliki oleh anak didik Tujuan penulisan buku ini adalah untuk menyediakan berbagai alternatif pembelajaran yang bisa memfasilitasi ragam kecerdasan yang dimiliki anak didik dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di SD Buku ini terdiri dari 4 bab bab 1 berisi tentang latar belakang mengapa perlunya membelajarkan dan memfasilitasi beragam kecerdasan yang dimiliki anak didik Bab 2 berisi tentang teori teori yang melandasi kecerdasan jamak ini sementara bab 3 menyajikan tentang format format dalam rangka mempermudah guru mengidentifikasi kecerdasan jamak anak didik dan bab 4 menyajikan tentang bagaimana mendesain pembelajaran berbasis kecerdasan jamak

Detail Buku

Jumlah Halaman 82
Kategori Pendidikan
Penerbit Deepublish
Tahun Terbit 2018
ISBN 978-602-453-331-1
eISBN 978-602-453-523-0
Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak di SD

Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak di SD

Neni Hermita; dkk