Logo Bacabuku
Pembelajaran Bahasa Inggris Melalui Model Pembelajaran CIRC

Pembelajaran Bahasa Inggris Melalui Model Pembelajaran CIRC

Nenden Komariah
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Buku: Buku ini membahas tantangan dan upaya dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami teks deskriptif berbahasa Inggris, khususnya dalam konteks pembelajaran di Indonesia. Di tengah tantangan globalisasi yang meningkatkan persaingan global, kemampuan berbahasa Inggris menjadi semakin penting. Namun, banyak siswa masih menghadapi kesulitan dalam merespon makna teks tulis fungsional pendek sederhana, terutama karena kurangnya perbendaharaan kata, kurangnya minat belajar, serta minimnya dukungan lingkungan dan keluarga. Buku ini juga mengupas peran penting bahasa Inggris sebagai bahasa kedua dalam pendidikan, sejalan dengan standar kompetensi yang ditetapkan pemerintah. Penulis menggambarkan kondisi kelas di mana nilai rata-rata siswa dalam memahami teks deskriptif masih di bawah KKM (70), sedangkan KKM yang ditetapkan adalah 75. Untuk mengatasi masalah tersebut, penulis menerapkan model pembelajaran *Cooperative Integrate Reading Composition (CIRC)* yang melibatkan siswa dalam kelompok belajar. Model ini memungkinkan siswa dengan berbagai kemampuan akademis (rendah, sedang, dan tinggi) bekerja sama dalam memahami dan menafsirkan teks deskriptif. Setiap siswa diberikan tugas sesuai kemampuan mereka, seperti memotong dan menempel gambar, mencari kosa kata, atau mempresentasikan hasil kelompok. Dengan pendekatan kolaboratif ini, siswa yang awalnya kesulitan bisa meningkatkan pemahaman mereka terhadap teks dan berkontribusi dalam lingkungan belajar yang lebih dinamis dan mendukung. Buku ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang upaya meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris melalui pendekatan kolaboratif, serta memberikan wawasan tentang tantangan dan solusi dalam pendidikan di era globalisasi.

Sinopsis ebook

Sinopsis Buku: Buku ini membahas tantangan dan upaya dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami teks deskriptif berbahasa Inggris, khususnya dalam konteks pembelajaran di Indonesia. Di tengah tantangan globalisasi yang meningkatkan persaingan global, kemampuan berbahasa Inggris menjadi semakin penting. Namun, banyak siswa masih menghadapi kesulitan dalam merespon makna teks tulis fungsional pendek sederhana, terutama karena kurangnya perbendaharaan kata, kurangnya minat belajar, serta minimnya dukungan lingkungan dan keluarga. Buku ini juga mengupas peran penting bahasa Inggris sebagai bahasa kedua dalam pendidikan, sejalan dengan standar kompetensi yang ditetapkan pemerintah. Penulis menggambarkan kondisi kelas di mana nilai rata-rata siswa dalam memahami teks deskriptif masih di bawah KKM (70), sedangkan KKM yang ditetapkan adalah 75. Untuk mengatasi masalah tersebut, penulis menerapkan model pembelajaran *Cooperative Integrate Reading Composition (CIRC)* yang melibatkan siswa dalam kelompok belajar. Model ini memungkinkan siswa dengan berbagai kemampuan akademis (rendah, sedang, dan tinggi) bekerja sama dalam memahami dan menafsirkan teks deskriptif. Setiap siswa diberikan tugas sesuai kemampuan mereka, seperti memotong dan menempel gambar, mencari kosa kata, atau mempresentasikan hasil kelompok. Dengan pendekatan kolaboratif ini, siswa yang awalnya kesulitan bisa meningkatkan pemahaman mereka terhadap teks dan berkontribusi dalam lingkungan belajar yang lebih dinamis dan mendukung. Buku ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang upaya meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris melalui pendekatan kolaboratif, serta memberikan wawasan tentang tantangan dan solusi dalam pendidikan di era globalisasi.

Detail Buku

Jumlah Halaman 96
Kategori Pendidikan
Penerbit CV. Pustaka MediaGuru
Tahun Terbit 2020
ISBN 978-623-272-544-7
eISBN
Pembelajaran Bahasa Inggris Melalui Model Pembelajaran CIRC

Pembelajaran Bahasa Inggris Melalui Model Pembelajaran CIRC

Nenden Komariah