Logo Bacabuku
Pembelajaran Apresiasi Drama Bagi ABK di Sekolah Inklusi

Pembelajaran Apresiasi Drama Bagi ABK di Sekolah Inklusi

Agus Supriatna
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Buku: Buku ini membahas secara komprehensif tentang pengertian, istilah, jenis, dan unsur-unsur drama, serta memberikan panduan tentang cara mengapresiasi drama di sekolah. Buku ini terdiri dari lima bagian utama yang saling terkait dan mendukung pengembangan pemahaman tentang seni drama. Bagian pertama menjelaskan pengertian drama dalam dua aspek utama, yaitu sebagai naskah (repertoir) dan sebagai pementasan (teater), serta membahas struktur naskah drama yang terdiri dari lima tingkat, yakni eksposisi, konflik, konflikasi, resolusi, dan keputusan. Bagian kedua menjelaskan jenis dan unsur-unsur drama, termasuk alur, penokohan, dialog, keterangan laku, gambaran suasana, dan konflik. Bagian ketiga membahas latihan dasar bermain drama, yang merupakan bagian penting dalam pengembangan keterampilan akting dan kerja sama dalam sebuah pertunjukan. Bagian keempat menyoroti pentingnya apresiasi drama di sekolah, khususnya dalam konteks pendidikan inklusi, yang membantu meningkatkan kemampuan berbahasa dan kompetensi literasi siswa. Bagian kelima memberikan selayang pandang tentang perkembangan drama di Indonesia, yang membantu memahami konteks sejarah dan evolusi seni drama dalam masyarakat. Buku ini juga membahas pentingnya pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks, termasuk dalam konteks sekolah inklusi, dengan pendekatan yang menekankan keterampilan membaca dan menulis, baik dalam genre sastra maupun non-sastra. Dengan pendekatan yang jelas, terstruktur, dan terpadu, buku ini menjadi sumber referensi yang relevan untuk pengembangan kompetensi dalam bidang seni drama dan pendidikan bahasa Indonesia.

Sinopsis ebook

Sinopsis Buku: Buku ini membahas secara komprehensif tentang pengertian, istilah, jenis, dan unsur-unsur drama, serta memberikan panduan tentang cara mengapresiasi drama di sekolah. Buku ini terdiri dari lima bagian utama yang saling terkait dan mendukung pengembangan pemahaman tentang seni drama. Bagian pertama menjelaskan pengertian drama dalam dua aspek utama, yaitu sebagai naskah (repertoir) dan sebagai pementasan (teater), serta membahas struktur naskah drama yang terdiri dari lima tingkat, yakni eksposisi, konflik, konflikasi, resolusi, dan keputusan. Bagian kedua menjelaskan jenis dan unsur-unsur drama, termasuk alur, penokohan, dialog, keterangan laku, gambaran suasana, dan konflik. Bagian ketiga membahas latihan dasar bermain drama, yang merupakan bagian penting dalam pengembangan keterampilan akting dan kerja sama dalam sebuah pertunjukan. Bagian keempat menyoroti pentingnya apresiasi drama di sekolah, khususnya dalam konteks pendidikan inklusi, yang membantu meningkatkan kemampuan berbahasa dan kompetensi literasi siswa. Bagian kelima memberikan selayang pandang tentang perkembangan drama di Indonesia, yang membantu memahami konteks sejarah dan evolusi seni drama dalam masyarakat. Buku ini juga membahas pentingnya pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks, termasuk dalam konteks sekolah inklusi, dengan pendekatan yang menekankan keterampilan membaca dan menulis, baik dalam genre sastra maupun non-sastra. Dengan pendekatan yang jelas, terstruktur, dan terpadu, buku ini menjadi sumber referensi yang relevan untuk pengembangan kompetensi dalam bidang seni drama dan pendidikan bahasa Indonesia.

Detail Buku

Jumlah Halaman 96
Kategori Pendidikan
Penerbit CV. Pustaka MediaGuru
Tahun Terbit 2018
ISBN 978-602-468-120-3
eISBN
Pembelajaran Apresiasi Drama Bagi ABK di Sekolah Inklusi

Pembelajaran Apresiasi Drama Bagi ABK di Sekolah Inklusi

Agus Supriatna